Kunci Alyssa Soebandono Ajarkan Anak Patuhi Protokol Kesehatan

Alyssa Soebandono bersama suami Dude Herlino dan kedua putranya, Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino dan Malik Mahendra Harlino. Instagram.com/@ichasoebandono

keluarga

Kunci Alyssa Soebandono Ajarkan Anak Patuhi Protokol Kesehatan

Jumat, 23 April 2021 21:23 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Pandemi Covid-19 belum selesai. Penting bagi para orang tua untuk membiasakan anak mematuhi protokol kesehatan. Hal itu pula yang dilakukan aktris Alyssa Soebandono. Ibu dua anak ini melakukan berbagai cara agar kedua jagoannya untuk mematuhi protokol kesehatan. "Kalau sama anak-anak, caranya tentu lebih santai dan pakai bahasa yang mereka pahami," kata Alyssa dalam konferensi pers berjudul Gerakan Masjid Bersih 2021 oleh Unilever pada 23 April 2021.

Alyssa selalu meminta anak-anaknya untuk mencuci tangan tidak terburu-buru. "Dokter kan menyuruh untuk mencuci tangan selama 20 detik dan ada gerakannya," kata Alyssa Soebandono.

Kegiatan cuci tangan dijadikannya sebuah kebiasaan di rumah. Ketika sudah menjadi kebiasaan, kegiatan cuci tangan pun sudah tidak dianggap sebagai beban bagi anak-anak itu. "Karena kita kan kasih tahu ke anak-anak setiap hari. Jadi, ya, mereka juga akhirnya jadi tahu dan mau mengikuti tanpa merasa terbebani," katanya.

Selain itu, Alyssa pun selalu siap sedia hand sanitizer di tas pribadi juga di tas makan anak-anaknya. Ini menjadi barang yang cukup penting saat ini, apalagi buat anak-anak yang suka pegang apapun yang dia inginkan.

Alyssa pun meminta anak-anaknya untuk tidak menyentuh muka setelah memegang berbagai benda. "Alhamdulillah, anakku yang pertama paham semua dengan apa yang saya juga Dude ajarkan. Intinya harus dibiasakan dan diajak untuk paham juga kenapa dia harus melakukan kebiasaan baru ini," kata Alyssa.

Alyssa Soebandono dan Dude Harlino pun mulai mengenalkan pandemi dan virus corona yang sedang mereka lawan bersama. "Sederhananya, aku ngasih tahu ke anak-anak aku kalau saat ini ada virus yang menyebar lewat udara, makanya penting pantai masker," katanya.

Saat mengenalkan menggunakan masker, Alyssa biasanya akan memberikan masker dengan berbagai motif lucu untuk anak-anaknya. "Biar anak-anak suka pakai masker, aku selalu pilihkan masker yang bergambar. Karena ada gambarnya, anak-anak jadi suka dan mau pakai masker," kata Alyssa.

Ketika bepergian pun, Alyssa biasanya hanya akan memperbolehkan anak-anak ke luar mobil bila tujuan mereka adalah lapangan terbuka, bukan gedung atau mall yang tertutup. Hal itu untuk menghindari anak terpapar virus corona. "Intinya harus dibiasakan dan diajak untuk paham juga kenapa dia harus melakukan kebiasaan baru ini," kata Alyssa Soebandono.

Baca: Cara Alyssa Soebandono Mencintai Suami, Dude Harlino