Ingat Cucu, Sri Mulyani Borong Oleh-Oleh Khas Jawa Tengah

Sri Mulyani mengenakan kebaya Kartini Nusa rancangan desainer Didiet Maulana. dok. Didiet Maulana

keluarga

Ingat Cucu, Sri Mulyani Borong Oleh-Oleh Khas Jawa Tengah

Minggu, 13 Maret 2022 12:45 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani memamerkan dirinya sedang borong berbagai oleh-oleh khas Jawa Tengah untuk cucu tersayang. "Dalam perjalanan menuju Batang, saya menyempatkan diri mampir membeli oleh-oleh untuk cucu-cucu tersayang," katanya dalam unggahan di Instagram pada 13 Maret 2022.

Ia membeli banyak oleh-oleh khas Jawa Tengah untuk keluarganya itu. "Oh iya, saya sempat membeli macam-macam makanan khas, seperti wedang jahe, bakpia, rengginang, kletikan kacang, telur asin, hingga gudeg," katanya.

Selain makanan yang dibeli Sri Mulyani, sebenarnya ada banyak ragam oleh-oleh khas Jawa Tengah yang bisa menjadi pilihanmu. Beberapa di antaranya adalah lumpia, wingko babat, mochi, ikan bandeng, jenang, kletikan.

Sri Mulyani borong oleh-oleh kha Jawa Tengah itu di kawasan rest area Resta Pendopo KM456B di jalan tol Solo - Semarang. "Di lokasi dan tempat yang nyaman ini, banyak pelaku UMKM yang berjualan kuliner dan beragam jenis oleh-oleh khas Jateng. Kalau kata orang Jawa, cumepak (serba tersedia dan gampang diambil) ," katanya.

Ia mengatakan bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah saat ini semakin maju. "Pada saat berkeliling, kesan saya satu: UMKM naik kelas! Terlihat sekali UMKM makin hari makin kreatif dan inovatif, tidak hanya kualitas rasa tapi juga kemasan, dan cara memasarkannya," katanya.

Sri Mulyani senang sekali melihat UMKM terus memiliki kualitas yang meningkat untuk bersaing. Ia ingatkan bahwa UMKM merupakan salah satu pondasi perekonomian kita yang harus kita jaga dengan baik. "Hal ini menunjukkan sinergi pemerintah, swasta, dan masyarakat terutama pelaku UMKM semakin baik dan telah memperlihatkan dampaknya, yaitu ekonomi yang beranjak bangkit," katanya.

Oleh-oleh khas Jawa Tengah favoritmu apa?

Baca: Resep Wingko Babat, Oleh-oleh yang Tak Lekang Zaman