Tips Dee Lestari Ajarkan Anak Kebiasaan Membaca Buku

Dee Lestari berjalan diatas catwalk dalam Fashion Nation Tenth Edition 10 Iconic Women di Senayan City, Jakarta, 20 April 2016. TEMPO/Nurdiansah

keluarga

Tips Dee Lestari Ajarkan Anak Kebiasaan Membaca Buku

Kamis, 10 Maret 2022 12:03 WIB
Reporter : Antara Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Membaca buku merupakan kegiatan yang umum dikenal sebagai salah satu cara menambah wawasan, namun rupanya di Indonesia minat baca masyarakat tergolong rendah. Padahal dengan membiasakan membaca selain menambah ilmu, seseorang juga mendapatkan banyak manfaat seperti dapat lebih berempati, memiliki fokus yang baik, hingga dapat menekan stres. Agar minat baca bisa dimiliki buah hati, beberapa cara mengajak dan mengajarkan anak untuk rajin membaca buku ala penulis Dee Lestari yang bisa anda terapkan sehingga si kecil memiliki kebiasaan baik yaitu membaca buku.

“Anak itu belajar dari kebiasaan, nah artinya orang tua harus juga memulai kebiasaan membaca buku. Anak kan melihat orang tuanya, bagaimana kebiasaannya, dia akan bercermin dan melihat orang tuanya suka membaca buku. Dari situ mereka bisa meniru dan terbiasa membaca buku,” kata Dee dalam konferensi pers virtual, Rabu 10 Maret 2022.

Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk membuat anak menjadikan membaca buku sebagai kegiatan yang menyenangkan adalah dengan membuat akses yang mudah. Misalnya jika anak anda masih berusia dini sekitar empat atau lima tahun, tentunya anda harus menyediakan akses rak buku yang sesuai dengan tinggi badan anak.

Pastikan juga buku-buku yang dibaca pun sesuai dengan tingkatan usianya mulai dari bahasa hingga genrenya sehingga anak dapat memiliki perkembangan wawasan yang optimal.

Penulis trilogi “Rapijali” itu pun menekankan kiat ketiga sebagai cara yang menurutnya menjadi kunci agar anak kecanduan literasi yaitu dengan membuat waktu khusus untuk membaca buku. Dengan mengasosiasikan kegiatan membaca buku adalah sebuah hal yang positif dan menyenangkan maka nantinya buah hati tidak lagi merasa canggung untuk membaca buku.

Justru sebaliknya, si kecil akan menyukai dan mencintai kebiasaan membaca buku yang tentunya baik untuk pengembangan individunya. “Ciptakan sebuah ritual, buat kegiatan membaca menjadi hal yang paling menyenangkan. Mungkin sebelum tidur untel-untelan dulu di selimut bareng keluarga lalu setelah itu baru baca buku bersama. Jadikan kebiasaan rutin yang nantinya akan melekat di memori anak,” ujar wanita dengan nama asli Dewi Lestari itu.

Baca: Gaya Unik Reza Gunawan Puji Dee Lestari, Sinting!