4 Fakta Arnold Putra, Desainer yang Bikin Tas dari Organ Manusia dan Hewan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Arnold Putra. Foto: Instagram/@arnoldputra

Arnold Putra. Foto: Instagram/@arnoldputra

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Nama desainer dan influencer yang bermukim di Amerika Serikat, Arnold Putra kembali menuai kontroversi. Kepolisian Federal Brasil menyelidiki paket diduga berisi organ tubuh manusia yang dikirim ke Singapura. Paket itu disebut berisi tangan manusia dan tiga bungkus plasenta manusia yang telah diawetkan dengan proses plastinasi di sebuah laboratorium di Amazonas State University. Melansir Vice World News, paket tersebut diduga dibuat untuk Arnold Putra.

Sebelumnya, dua tahun silam ia menuai kontroversi karena membuat tas model keranjang dari lidah buaya dan pegangan tas dari sumsum tulang belakang manusia. Ia mengklaim bahan-bahan tersebut berasal dari surplus medis di Kanada.

Tas tangan tersebut pertama kali dirilis pada 2016 dan dijual seharga US$ 5.000 atau sekitar Rp 72 juta.

Di akun Instagram resminya, Arnold mengunggah foto dirinya memegang tas tersebut.

"Jaket suede dari kulit domba dan bulu beruang kutub // tas dari lidah buaya dengan pegangan tas dari tulang belakang osteoporosis manusia oleh saya," tulisnya di keterangan unggahan Instagram, 21 Agustus 2016 menjabarkan busana dan tas rancangannya.

Tangkapan layar unggahan Instagram Arnold Putra pada 21 Agustus 2016. Foto: Instagram/@arnoldputra

Di Instagram, Arnold menanggapi kritik online terhadap tas tersebut dengan menulis pernyataan. "Ini adalah bagian dari proses pembelajaran kreatif yang harus melibatkan oposisi, jika tidak, itu hanya akan menjadi bentuk validasi berulang."

Arnold mengatakan di platform Not Just a Label bahwa dia terpesona oleh bagian tubuh yang dilebih-lebihkan dari humanoid mitis yang hanya beredar dari mulut ke mulut.

Untuk mengenal lebih jauh siapa Arnold, berikut sederet faktanya dihimpun dari berbagai sumber.

1. Hobi bepergian

Di akun Instagram resminya, @arnoldputra, ia kerap membagikan sederet unggahan bepergian ke berbagai tempat, seperti mengunjungi suku di Afrika, Amerika, Eropa hingga Asia. Di salah satu unggahannya akhir tahun lalu, ia membagikan foto bersama suku Mentawai, Pulau Siberut, Sumatera Barat. Tiga tahun silam, ia membagikan beberapa foto saat mengunjungi Papua Nugini.

"Suku Mentawai; suku bertato pertama di alam semesta. Saya diundang oleh Kepala Salomo," tulisnya mengawali ulasan kegiatannya di pulau yang jaraknya 100 mil dari provinsi Sumatera Barat.

Selain wisata budaya atau religi, ia juga kerap berwisata mengunjungi kilang anggur ataupun bersantai di kapal pesiar. Ia pun kerap mengunggah foto di dalam jet pribadi atau mobil mewah kala plesiran.

2. Bergaya mewah dan nyentrik

Konten tema outfit of the day (OOTD) banyak menghiasi akun Instagram Arnold. Ia kerap padu padan busana dari berbagai rumah mode ternama dengan sentuhan nyentrik. Contohnya, kala berpose di salah satu penginapan di tengah salju, ia memakai busana dan aksesori dari merek mewah disertai dengan masker oksigen lengkap dengan tabungnya.

Di lain kesempatan, kala berfoto dengan suku Mentawai, ia bergaya necis dalam balutan aneka merek mode dan penduduk Mentawai tetap mengenakan busana tradisionalnya dilengkapi jam tangan Richard Millie.

3. Kontroversi baju yang terinspirasi oleh Pemuda Pancasila

Bulan lalu, Arnold memicu kontroversi karena mengenakan pakaian yang terinspirasi oleh Pemuda Pancasila ke Paris Fashion Week. Pakaian ini kembali mengundang kontroversi di media sosial, salah satunya dari akun Instagram@sandhatu yang mengungkit sejarah organisasi tersebut. 

"Arnold Putra, an Indonesian fashion designer, wore Pancasila Youth uniform at Paris Fashion Week 2022. Pancasila Youth is a far-right paramilitary organization that was involved in the 1965-66 genocide. Arnold was criticized before for making a bag from human spine," tulis pemilik akun tersebut. 

4. Menjalin cinta dengan Ariel Brasali

Baik Arnold maupun Ariel kerap membagikan potret mesra mereka di akun Instagram masing-masing. Kedua sejoli ini kerap liburan bersama, termasuk ke Ubud, Bali, tiga tahun silam. Kisah cinta keduanya sudah terjalin selama sembilan tahun, seperti yang diungkap Ariel di Hari Valentine tahun ini.

"9 tahun menjadi Valentine satu sama lain," tulisnya dalam Bahasa Inggris di Instagram, Selasa, 15 Februari 2022.

Dalam unggahan itu, Arnold Putra dan Ariel Brasali duduk di atas sofa tanpa sandaran di sebelah pohon jeruk hias. Keduanya kompak bergaya monokrom.

Baca juga: Ini Sikap Indonesia Fashion Chamber Soal Tas dari Tulang Belakang

VICE WORLD NEWS | NEWS WEEK | ANTARA | INSTAGRAM | MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."