Manfaat Air Beras untuk Rambut dan Cara Mengaplikasikannya, Menurut Dokter

Ilustrasi air beras. Freepik.com/Jcomp

kecantikan

Manfaat Air Beras untuk Rambut dan Cara Mengaplikasikannya, Menurut Dokter

Selasa, 22 Februari 2022 21:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Air beras diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Menurut sebuah penelitian tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Chemists, para wanita istana di zaman Heian, salah satu zaman dalam pembagian periode sejarah Jepang dari tahun 794 sampai 1185, yang rambut panjangnya indah (suberakashi) dikatakan telah menyisir rambut mereka setiap hari menggunakan air cucian beras (Yu-Su-Ru).

Di era modern ini, perawatan rambut dengan air beras tetap digemari. Bahkan baru-baru ini ramai diunggah beberapa konten merawat rambut dengan air beras di TikTok. Rapper Cardi B salah satunya. 

Sebenarnya apa itu air beras? Yaitu air yang tersisa setelah memasak atau merendam beras.

"Air beras adalah cairan bertepung yang mengandung beragam nutrisi untuk membantu memperkuat rambut," kata Howard Sobel, M.D., dokter kulit bersertifikat dan ahli bedah kosmetik dermatologis di Lenox Hill Hospital yang berbasis di New York, Amerika Serikat, dikutip dari laman Allure, Senin, 21 Februari 2022.

"Air beras mengandung antioksidan, asam amino, vitamin, dan inositol, yang semuanya berkontribusi untuk membuat rambut lebih bersinar dan lebih kuat."

Mengapa air beras bermanfaat bagi rambut?

Karena beras itu sendiri penuh dengan nutrisi, maka air beras juga mengandung beberapa vitamin dan mineral yang sama untuk menyuburkan rambut.

"Asam amino adalah bahan penyusun protein," katanya. "Beras mengandung sejumlah kecil asam amino sistein, yang merupakan bentuk protein rambut sehingga membantu untuk mengisi kembali. Ini membantu menyehatkan rambut dan memberikan nutrisi ke kulit kepala," kata ahli kimia kosmetik, Ginger King

Komponen bermanfaat lainnya dari air beras, yaitu inositol. Apa itu? Zat seperti vitamin yang sering ditemukan pada daftar bahan suplemen penumbuh rambut. "Penelitian telah menunjukkan bahwa inositol dapat mencegah kerusakan rambut dan memperbaiki rambut yang lemah dan mudah patah," imbuh Dr. kata Sobel.

Ia menggambarkan air beras sebagai "kaya vitamin" dan mengandung vitamin B serta E. "Ini berarti air beras membantu menambah kilau, melembutkan, dan menghaluskan rambut tanpa menggunakan bahan kimia atau produk berat," tambahnya.

Akhirnya, ada pati itu sendiri, yang Dr. Sobel mengatakan secara alami melapisi lapisan terluar rambut. Ini tidak hanya membantu meningkatkan volume dan ketebalan, tetapi juga menciptakan efek menghaluskan untuk jenis rambut keriting dan ujung bercabang.

Ilustrasi wanita memegang rambut. Freepik.com/Jcomp

Apakah air beras juga bermanfaat untuk kulit kepala?

Jawabannya, ya. Air beras bertindak sebagai pembersih dan toner yang lembut, sehingga dapat membantu menghilangkan bekas penumpukan atau menyegarkan kulit kepala, jelas King.

"Karena kandungan asam amino, itu juga dapat membantu menyehatkan kulit kepala, namun, tidak ada data ilmiah yang menunjukkan bahwa itu memiliki manfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut," sambung King.

Dhaval G. Bhanusali, MD, dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York, menambahkan bahwa, "Meskipun air beras telah dipopulerkan melalui TikTok sebagai sarana untuk membantu pertumbuhan rambut, kemungkinan tak semua cara berkhasiat. Yang pasti, melapisi setiap helaian rambut dengan air beras dapat memberikan penampilan rambut yang lebih tebal, lebih kaya, dan lebih berkilau."

Cara menggunakan air beras untuk rambut

Kreator konten di TikTok menunjukkan dua teknik berbeda dalam merawat rambut dengan air beras, yaitu merebus atau merendam. Yang pertama, di dalam suatu video, Anda dapat melihat pembuat konten merebus secangkir air, menuangkan nasi, dan membiarkan campuran menjadi putih dan keruh. Kemudian biji-bijian disaring, dan sisa airnya digunakan untuk rambut. Untuk cara terakhir, orang menuangkan nasi mentah ke dalam semangkuk air, biarkan meresap selama 24 jam, lalu saring.

Apa pun metodenya, ada satu langkah penting yang dapat Anda lihat di video, yaitu pembuat konten membuang nasi mentah mereka ke saringan dan membilasnya dengan baik di bawah air keran. Air beras kemudian didinginkan di lemari es sebentar dan dioleskan setelah keramas. Kebanyakan orang membiarkan air di rambut mereka selama 15 sampai 30 menit sebelum dibilas.

Dokter Bhanusali memperingatkan perawatan rambut dengan air beras cukup dilakukan seminggu sekali dan pastikan untuk mencucinya setelah 15 menit.

"Jika Anda membiarkan air beras terlalu lama, itu berpotensi mengeringkan rambut Anda dan menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan. Hindari perawatan air beras  jika Anda memiliki rambut yang sangat halus atau tipis karena air beras dapat membebaninya," tegasnya.

Baca juga: Manfaat Baking Soda dan Air Beras untuk Skincare, Jaga Elastisitas Kulit Wajah

ALLURE