Anak Alami Disleksia, Intip Cerita Artika Sari Devi Ajak Zoey Belajar

Artika Sari Devi. Instagram

keluarga

Anak Alami Disleksia, Intip Cerita Artika Sari Devi Ajak Zoey Belajar

Selasa, 22 Februari 2022 06:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Artika Sari Devi bercerita soal salah satu cara pembelajaran matematika bagi putri bungsunya, Dayana Zoelie Ibrahim alias Zoey. Artika Sari Devi mengakui ia pun mengalami banyak sekali tantangan ketika mendampingi anaknya pada saat belajar online. "Pandemi merupakan tantangan terbesar semua ibu. Beruntung saya bisa memindahkan pekerjaan saya ke rumah. Tapi masih ada ibu yang harus berkarier di luar rumah di masa sulit ini," katanya dalam konferensi peluncuran Zeniusland pada 17 Februari 2022.

Artika mengatakan ketika ibu harus bekerja di luar rumah di masa pandemi, tentu saja hal itu bisa berdampak pada sang anak. Beberapa anak jadi tidak didampingi ketika harus belajar secara online.

Artika sendiri mengaku membutuhkan waktu bulanan untuk adaptasi perubahan pola belajar anak-anaknya. "Ketika harus switch dari sekolah tatap muka menjadi sekolah online, kami membutuhkan waktu 3-4 bulan untuk adaptasi," katanya.

Ia pun mengaku memerlukan alat yang bisa membantu mengasah keahlian kognitif anak-anaknya. Ia pun membutuhkan alat untuk memberikan pengajaran terbaik kepada kedua putrinya. "Perlu kasih tools belajar yang gampang dan menyenangkan untuk dipahami. Apalagi anak saya disleksia," katanya.

Disleksia adalah gangguan dalam proses belajar yang ditandai dengan kesulitan membaca, menulis, atau mengeja. Artika sempat sangat khawatir bagaimana pendidikan anak bungsunya. "Disleksia itu kesulitan membaca, bagaimana dia akan belajar matematika," katanya.

Konferensi Pers Peluncuran ZeniusLand/Zenius

Salah satu yang dilakukan Artika Sari Devi adalah dengan mengajak anaknya untuk menonton cerita inspiratif melalui aplikasi Zeniusland. Dengan bantuan karakter Disney, Artika beruntung anaknya semakin memahami berbagai soal cerita yang disampaikan. "Anak saya jadi tidak perlu membaca soal ceritanya lagi. Apalagi dibantu karakter Disney jadi menyenangkan belajarnya," kata Artika Sari Devi.

Belajar dengan menonton kartun dan kisah seru di aplikasi atau tayangan di Youtube, sangat membantu Artika. Zoey mengalami kelemahan dalam hal working memori, dan visualisasi. "Tapi untuk auditorinya kuat," kata Artika yang tetap bersyukur dengan kondisi anaknya.

Artika Sari Devi mengatakan ia merasa sangat terbantu dengan beberapa aplikasi edukasi yang ada. "Aplikasi seperti ini membantu para orang tua. Anak dikasih konten pembelajaran dengan pemahaman konsep yang mudah. Orang tua pun bisa melihat hasil pemahaman anak. Mereka juga tidak sadar sebenarnya sedang belajar karena menonton video," katanya.

Artika Sari Devi mengatakan ia menggunakan aplikasi ZeniusLand. Aplikasi belajar ini menggabungkan keahlian pedagogi Zenius dengan keajaiban dunia fantasi Disney, aplikasi ZeniusLand akan membantu mengembangkan keterampilan berpikir fundamental dan kritis anak, sehingga dapat memahami konsep dan materi melalui pembelajaran kontekstual. Dikemas dengan elemen permainan, materi-materi di ZeniusLand didesain untuk membangun motivasi diri dan membantu siswa belajar sesuai dengan kecepatan mereka masing-masing.

Baca: Artika Sari Devi Hingga Marsha Timothy Unggah Pesan Damai Natal 2021