Cek Lagi Masker Anak Anda, Apakah Masih Aman dan Nyaman Dipakai ke Sekolah

Ilustrasi anak pakai masker. Freepik.com/Mdjaff

kesehatan

Cek Lagi Masker Anak Anda, Apakah Masih Aman dan Nyaman Dipakai ke Sekolah

Selasa, 15 Februari 2022 18:45 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Meng-upgrade masker anak-anak menjadi lebih penting begitu mereka mulai rutin menghadiri kelas fisik karena potensi tiba-tiba terpapar kuman dan segala macam patogen dan mikroba. Mereka juga harus dibiasakan dalam mengikuti aturan jarak fisik saat mereka melanjutkan sekolah.

Pendiri & CEO Nirvana Being, Jai Dhar Gupta mengatakan selama dua tahun terakhir, anak-anak dikurung di dalam rumah mereka, di lingkungan yang steril, yang mungkin secara signifikan mengurangi kemungkinan mereka terkena virus corona.

"Tetapi apa yang mungkin tidak kami pertimbangkan adalah isolasi ini mungkin telah menurunkan kekebalan alami mereka. dan antibodi dan membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit lain karena kurangnya paparan patogen/mikroba! Sekarang, dengan dibukanya kembali sekolah, anak akan kembali ke ruang kelas, yang merupakan tempat berkembang biaknya kuman, terutama karena kurangnya ventilasi," katanya.

Ia mengatakan masker N95 FFP2 adalah yang terbaik untuk anak karena sangat efektif melawan Covid serta virus lainnya. Klaim ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Max Planck Institute, yang mengatakan bahwa masker FFP2 yang pas mengurangi risiko infeksi COVID-19 hingga 0,1 persen.

"Masker N95 FFP2 untuk anak-anak yang pas, bernapas, dapat digunakan kembali, dan dapat dicuci, serta yang memiliki desain menyenangkan untuk anak-anak disarankan," kata Gupta.

Ilustrasi masker double. Shutterstock

Cara memilih masker yang tepat untuk anak

Ketika mencari masker N95 yang bagus untuk anak-anak, kuncinya adalah fokus pada hal-hal berikut:

Filtrasi: Masker N95 yang menawarkan efisiensi penyaringan virus tinggi (96 persen) dan efisiensi penyaringan partikulat menanamkan kepercayaan pada pemakai masker.

Pas: Pilih masker yang tersedia dalam berbagai ukuran, dengan pita hidung yang dapat disesuaikan dan loop telinga untuk memastikan ukuran yang pas.

Kenyamanan: Masker yang bernapas dan nyaman memastikan anak-anak dapat bernapas masuk dan keluar dengan mudah saat mengenakan masker N95, yang berarti bahwa memakai masker sepanjang hari tidak lagi menjadi tantangan.

Desain: Pilih perusahaan topeng yang menawarkan desain masker N95 yang menyenangkan untuk anak-anak Anda sehingga mereka ingin memakai topeng mereka untuk waktu yang lebih lama.

Keberlanjutan: Selama COVID-19 ada, Anda harus membeli masker N95 yang dapat digunakan kembali dan dapat dicuci sehingga Anda dapat bertahan selama 5-6 bulan.

Sertifikasi: Masker yang kurang teruji adalah masker yang kurang tepercaya. Selalu minta laporan pengujian dan sertifikasi yang relevan sebelum Anda membeli masker sehingga Anda dapat mengirim anak-anak Anda ke sekolah dengan percaya diri dan tenang.

Mengapa masker bedah atau masker kain mungkin tidak memberikan perlindungan yang cukup?

Dalam kasus Masker 3-Ply & Bedah (tidak bersertifikat), polimer lelehan yang ditempatkan di dalam masker ini seharusnya bertindak sebagai filter yang menghentikan mikroba masuk atau keluar dari masker.

"Namun, tepi masker bedah dan 3-lapis tidak membentuk segel ketat di sekitar hidung atau mulut Anda, yang dengan demikian memungkinkan virus dan aerosol masuk ke saluran udara Anda, saat menghirup. Singkatnya, masker ini tidak menawarkan penyaringan pada udara yang dihirup," kata Gupta.

Menurut deskripsi baru CDC tentang masker, masker kain yang ditenun longgar memberikan perlindungan paling sedikit karena tidak menawarkan penyaringan apa pun saat menghirup. Satu studi menemukan bahwa efisiensi penyaringan masker kain sangat bervariasi dari serendah 1,4 persen. menjadi 98 persen,” tambahnya.

"Masker N95 FFP2 adalah pilihan terbaik untuk anak-anak Anda selama masa yang tidak pasti ini. Sementara masker N95 tradisional hanya menyaring hingga 0,3 mikron dengan kemanjuran 95 persen, masker kelas baru baru-baru ini muncul menggunakan filter nanofiber yang memiliki filtrasi 95 persen. khasiat hingga 0,1 mikron. Tidak hanya aman, tetapi juga lebih hemat, karena dapat dicuci dan digunakan kembali, "kata Gupta.

Baca: Alasan Mengapa Anak di Bawah 2 Tahun Tidak Dianjurkan Pakai Masker