Mengurus Dua Anak Balita, Paula Verhoeven: Repot Tapi Seru

Paula Verhoeven/Foto: Instagram/Paula Verhoeven

keluarga

Mengurus Dua Anak Balita, Paula Verhoeven: Repot Tapi Seru

Selasa, 1 Februari 2022 14:20 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagai ibu muda atau ibu baru, pasti terdapat perubahan emosi yang cukup tak menentu karena perubahan hormon juga. Belajar dari pengalaman anak pertama, Paula Verhoeven kini sudah bisa lebih baik dalam mengatur emosi saat mengurus anak keduanya.

“Aku pernah ngerasain juga tuh pas Kiano, ya benar karena kita masih baru apa segala macam tuh kadang-kadang tuh kita capek terus gak ada waktu untuk diri kita sendiri, belum kerja juga pokoknya semua jadi satu,” jelas Paula di kanal YouTube Leslar Entertainment. 

Paula mengatakan bahwa ketika suasana hati sang ibu sedang tidak baik, pasti memberikan pengaruh juga ke anak, seperti anak menjadi rewel dan nangis, karena emosi pun tak bisa dikendalikan. Apa yang dirasakan si ibu mungkin tak disadari oleh si ibu, tapi suasana lelah, kesal, sedih itu akan terasa sampai ke anak.

“Nah itu dia nangis terus, karena kita nya juga lagi sedih atau apa kadang-kadang aku tuh sempat pernah kayak, ‘hhh bisa diam gak ya’, tapi gak teriak-teriak kayak mana cuma kayak patah semangat gitu. ‘Ayo kiano diem ya’, tapi abis itu menyesal kayak langsung minta maaf ya karena kan namanya gak dipungkiri kita juga kan handle semua sendiri kan,” ungkapnya.

Ia mengatakan ke Lesti Kejora pasti momen-momen seperti itu akan datang. Namun, ketika sudah berpengalaman, kini Paula sudah lebih baik dalam mengolah emosi saat menghadapi anak keduanya, Kenzo. Saat awal mengurus Kiano sendirian, Paula mengatakan bahwa sesekali ada momen-momen dirinya tak bisa menahan emosi.

Paula Verhoeven menjadi bintang tamu di Kanal YouTube Leslar Entertainment/Foto: Tangkapan layar

“Kalau awal-awal pernah lah sekali dua kali waktu kiano sampai nangis terus gak diem, kan kita bingung ya disusuin udah, udah kenyang, di gendong udah, di taro nangis, semua nangis nanti kan pastinya ada momen kayak gitu,” ujarnya.

Meskipun sang suami, Baim Wong, mau membantu menggantikan popok atau mengurus anak buang air kecil di tengah malam, tapi sang suami bekerja sampai malam. Jadi, sebelum ada Asisten Rumah Tangga (ART), Paula tetap mengurus rumah dan anak sendirian seharian.

Paula juga mengatakan penting sekali untuk selalu mengajak anak bicara, meskipun ia masih bayi dan belum mengerti. Teknik tersebut sudah terbukti membuat anak menjadi lebih aktif, dan juga di umur yang masih muda itu adalah waktu mereka untuk menyerap apapun lebih cepat.

“Jadi dari bayi itu kayak misalnya ganti popok, aku selalu biasain kayak ngomong kaki kanan, kaki kiri gitu. Jadi, kita pokoknya ajakin ngobrol terus tiap saat. Jadi, kita cerita aja misalnya kita habis kerja, tadi mama abis gini, adek tadi ngapain sama suster, tadi mainnya suka gak apa gak gitu,” jelas Paula.

Ketika ditanyakan apakah Paula dan Baim dalam waktu dekat berencana untuk menambah anak lagi, Paula mengatakan belum ada rencana, tapi keinginan untuk tambah anak lagi ke depannya ada. Salah satu alasan Paula belum mau hamil lagi karena masih dalam lelah mengurus Kiano dan Kenzo, belum lagi ditambah dengan berat badannya yang kini masih belum ideal.

“Kalau kita mah karena terpaut umur ya, yang satu udah 41 aku udah 34 gitu ya jadi kayak memang harus bergerak cepat gitu dan alhamdulillah juga dikasih kan jadi ya sudah nikmatin aja. Karena kalau aku jatuhnya udah sekalian capek, maksudnya udah sekalian nanti gedenya biar bareng gitu,” jelas Paula.

Baca: Gaya Sporty Paula Verhoeven Tonton Pertandingan Basket, Jaket jadi Andalannya

BERNADETTE JEANE WIDJAJA