Tips Penggunaan Tabir Surya pada Kulit Berminyak Hingga Bruntusan

Ilustrasi wanita melihat wajahya di cermin. Freepik.com/Lifeforstock

kesehatan

Tips Penggunaan Tabir Surya pada Kulit Berminyak Hingga Bruntusan

Rabu, 26 Januari 2022 22:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu founder Skin Junkie Hartini Soraya, memberikan tips soal pemakaian tabir surya untuk beberapa jenis kulit. Dalam live Instagram bersama Cantika pada Sabtu, 22 Januari 2022, Aya, sapaan Hartini menjelaskan bahwa untuk orang Indonesia, pemakaian tabir surya dengan SPF 50 itu sudah paling maksimal dan sudah bagus sekali. "Untuk SPF di atas itu sebenarnya tidak akan berfungsi secara optimal juga. Jadi, untuk kulit orang Indonesia sudah cukup pakai yang SPF 50 untuk wajah maupun badan, karena sisanya akan diserap secara alami oleh tubuh," katanya pada Sabtu 22 Januari 2022.

Ia menjelaskan penggunaan tabir surya sehari-hari untuk kulit berminyak lebih baik menggunakan yang bertekstur gel atau water based, jadi tekstur nya halus dan gampang menyerap di kulit.

Aya menganjurkan untuk tidak mengaplikasikan tabir surya terlalu tebal dan menumpuk di tempat yang berminyak seperti t-zone. T-Zone adalah area wajah di sekitar dahi dan hidung hingga dagu yang membentuk huruf T. Area ini biasanya terlihat lebih berminyak karena memiliki kelenjar minyak yang lebih banyak dibandingkan area kulit lainnya sehingga area ini biasanya membutuhkan perhatian dan perawatan lebih. "Yang penting sudah menutupi semua area, karena pada dasarnya kulit berminyak akan mengeluarkan minyak lebih banyak," katanya.

Aya juga memberikan tips pemakaian tabir surya pada kulit bruntusan. Ia menyarankan untuk mengecek terlebih dahulu apa penyebab kulit bruntusan karena ada berbagai macam penyebab. Ada yang memang kondisinya seperti itu, ada juga karena ketidakseimbangan hormon, bruntusan juga bisa terjadi karena adanya jamur-jamur pada kulit.

“Kalian cari tahu dulu bruntusan itu kenapa, ketika kalian sudah paham dengan kondisi kulit kalian, kalian baru bisa menentukan apakah skincare yang kalian pakai itu bisa kalian gunakan atau tidak,” kata Aya.

Maka dari itu, yang terpenting ketika hendak memilih skincare adalah harus mengetahui terlebih dahulu kondisi kulit masing-masing. Ketika sudah memahami kondisi kulit, maka perempuan bisa memutuskan kandungan skincare mana yang tepat untuk digunakan.

Baca: Jangan Malas, Tetap Gunakan Tabir Surya Meskipun di dalam Ruangan

BERNADETTE JEANE WIDJAJA