Jangan Malas, Tetap Gunakan Tabir Surya Meskipun di dalam Ruangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi memakai tabir surya. Freepik.com/pvproductions

Ilustrasi memakai tabir surya. Freepik.com/pvproductions

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaTabir surya tak hanya perlu digunakan ketika beraktivitas di luar ruangan. Ketika berkegiatan di dalam ruangan pun sebaiknya tetap memakai tabir surya. Tidak cukup sekali pakai, tabir surya pun perlu diaplikasikan ulang beberapa jam setelah beraktivitas di luar maupun dalam ruangan.

Dalam Live Instagram bersama Cantika pada Sabtu, 22 Januari 2022, Founder Skin Junkie Hartini Soraya mengatakan bahwa penting untuk menggunakan tabir surya meskipun beraktivitas di dalam ruangan.

“Kalian gak tahu kalau yang namanya lampu dan sinar terutama gadget itu ada blue light juga, dan sinar lampu itu ada UV light-nya juga yang memang bisa dilindungi dengan sunscreen,” kata Aya, sapaan Hartini.

Penggunaan tabir surya juga tidak cukup sekali, dibutuhkan tahap re-apply atau penggunaan kembali. Aya mengatakan bahwa besar angka SPF menentukan seberapa lama perlindungan yang bisa diberikan tabir surya itu terhadap sinar matahari atau sinar-sinar lainnya.

Aya sendiri mengatakan selalu mengaplikasikan ulang tabir surya ketika menggunakan produk Skin Junkie dengan SPF 50 saat melakukan kegiatan di luar ruangan dan banyak terpapar sinar matahari. Ia bahkan bisa melakukannya setiap dua sampai dua setengah jam di area-area yang mudah terpapar sinar seperti dahi, tulang pipi, dan hidung.

Besar SPF juga menjadi perhitungan penting, ketika SPF nya lebih rendah dari 50, maka waktu re-apply juga harus lebih cepat. Tidak perlu cuci muka terlebih dahulu, yang penting tangan untuk mengaplikasikannya sudah bersih.

“Kalau mukanya misalnya keringatan atau lagi berair, atau mungkin kondisinya tidak sebagus pas di awal pemakaian, kalian boleh tap-tap dulu dengan tisu atau dengan apa yang menyerap, baru gunakan kembali tabir surya,” kata Hartini.

Ketika di dalam ruangan, Aya lebih menyarankan untuk menggunakan kembali tabir surya setiap tiga setengah sampai empat jam. "Tetap harus re-apply dan jangan merasa bahwa di dalam ruangan tidak ada bahaya paparan sinar," kata Aya.

Selain itu, di tengah kondisi pandemi yang kini sudah mulai hybrid, tentu diperlukan adanya peningkatan skincare. Bagi Aya, karena ia cukup sering beraktivitas di luar rumah, terutama berolahraga, skincare yang paling penting adalah essence atau toner. Setelah itu ia memakai pelembap, baru kemudian tabir surya. Setelah itu, baru dibebaskan untuk menambahkan skincare apa lagi sesuai dengan kebutuhan.

Aya biasanya menggunakan sunscreen sebagai layer paling luar setelah sebelumnya menggunakan skincare, dan pelembap. Ia meyakini sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit juga sebagai tabir surya yang dapat melindungi layer-layer sebelumnya.

Baca: Cocok untuk Kulit Sensitif, Sandra Dewi Ungkap Pentingnya Tabir Surya untuk Anak

BERNADETTE JEANE WIDJAJA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."