3 Pilihan Sarapan Sehat untuk Kamu yang Lagi Diet

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Green smoothies bowl. TEMPO/ Nita Dian

Green smoothies bowl. TEMPO/ Nita Dian

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaSarapan merupakan salah satu cara terbaik untuk memulai hari. Simak 3 resep sarapan sehat dan enak. Cocok untuk Anda yang sedang menjalankan diet.  Beberapa orang memilih untuk tidak sarapan, khususnya bagi mereka yang sedang menjalankan metode puasa diet atau intermitten fasting.

Namun, Anda harus sarapan jika akan melaksanakan aktivitas mulai pagi hari. Jika tubuh Anda tidak mendapatkan bahan bakar dari makanan, kemungkinan besar Anda akan makan berlebihan di kemudian hari. Imbasnya, berat badan menjadi tidak terkontrol. Jika Anda menikmati sarapan, pilih makan makanan bergizi dapat memberi Anda energi yang tahan lama dan membuat Anda kenyang selama beberapa jam.

Berikut 3 resep sarapan sehat untuk Anda memulai hari Anda seperti dilansir dari PinkVilla, Minggu 23 Januari 2021. Resep-resep ini berfokus pada makanan utuh (whole foods) seperti buah dan sayuran dan biji-bijian.

1. Roti bakar kayu manis, pisang, selai kacang
Jika Anda mendambakan rasa manis dan gurih, resep sarapan sehat atau clean eating ini cocok untuk Anda. Roti panggang dengan selai kacang dan potongan pisang makin lezat dengan taburan kayu manis untuk tambahan rasa.

Hal utama yang perlu Anda lakukan adalah mengolesi roti panggang dengan selai kacang (peanut butter) dan atasnya dengan irisan pisang. Taburi dengan kayu manis di bagian akhir secukupnya. Sarapan lezat dan sehat siap Anda santap dalam beberapa menit.

2. Smoothie Bowl
Resep smoothie bowl kali ini sangat sederhana dan cepat untuk membuat pagi Anda penuh energi saat Anda sedang terburu-buru. Pertama, siapkan pisang beku dan buah beri (strawberry, blueberry) ke dalam blender. Tambahkan susu almond lalu nyalakan blender sampai campuran jus mencapai konsistensi penyajian yang lembut. Selanjutnya, pindahkan jus ke mangkuk. Lalu, taburi smoothie bowl dengan topping yang diinginkan seperti biji chia, biji rami, dan kelapa, stroberi, granola, dan lainnya. Yummy!

3. Omlet Telur dan Tomat
Omelet kaya protein yang sehat ini dapat disajikan hanya dalam 10 menit. Menu sarapan ini makin lengkap jika ditambahkan tomat yang dimasak sebentar. Hal pertama perlu Anda lakukan adalah memasak tomat. Potong dua bagian lalu mulai masak bagian bawah hingga mulai melunak dalam wajah anti lengket. Sambil menunggu tomat matang, kocok 2-3 butir telur dalam mangkuk kecil. Tambahkan bumbu seperti garam dan lada hitam.

Selanjutnya, Ambil tomat dari wajan di atas piring. Tuang campuran telur ke dalam wajan anti lengkep dan aduk agar seluruh telur menyelimuti permukaan wajah. Berhenti mengaduk saat hampir matang untuk membuatnya menjadi telur dadar. Potong menjadi empat dan sajikan dengan tomat. Selamat mencoba! 

Baca: Punya Kolesterol Tinggi, Berikut 5 Menu Sarapan Sehat yang Bisa Anda Buat

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."