Mengenal Sosok Gustika Jusuf Hatta, dari Feminis Hingga Peneliti HAM

Gustika Jusuf Hatta, merupakan cucu dari wakil presiden pertama yakni Mohammad Hatta yang aktif di berbagai forum/Foto: Instagram/Gustika

profil

Mengenal Sosok Gustika Jusuf Hatta, dari Feminis Hingga Peneliti HAM

Jumat, 21 Januari 2022 09:10 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, JakartaGustika Jusuf Hatta, merupakan cucu dari wakil presiden pertama yakni Mohammad Hatta atau Bung Hatta yang aktif di berbagai forum. Nama lengkapnya Gustika Fardani Jusuf Hatta sendiri merupakan cucu dari anak Halida Hatta dengan Gary Rachman Makmun Jusuf.

Dirinya lahir pada 19 Januari 1994. Diketahui bahwa dirinya menempuh pendidikan di King’s College London pada tahun 2015. Selama masa perkuliahannya, dirinya aktif mengikuti berbagai aktivitas. Dirinya lulus pada tahun 2018.

Walaupun itu, dirinya sudah aktif di dalam forum sebelum memasuki masa kuliah. Pada tahun 2012, dirinya mengikuti United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) di Doha, Qatar, dalam Youth Delegate for COP 18/CMP 8.

Diketahui bahwa dirinya bekerja di bawah Dewan Nasional Perubahan Iklim Indonesia, sebuah cabang di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pada bulan Oktober 2013, dirinya kemudian menjadi Youth Observer at the 8th UNESCO Youth Forum di UNESCO.

Pada bulan November, dirinya berpartisipasi menjadi Delegation of Indonesia at the 37th General Conference sebagai intern. Pada tahun 2015, dirinya kemudian bekerja di Live Nation sebagai Surveillance Room Assistant selama satu bulan di Jakarta.

Tahun 2016, dirinya kemudian sebagai intern bekerja sebagai anggota tim asistensi Menko selama satu bulan, dan menjadi ajudan deputi luar negeri selama dua bulan di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Kemenko Polhukam).

Setahun setelahnya yakni pada 2017, Gustika kemudian mengikuti misi tetap untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) selama dua bulan sebagai political intern, dan kemudian menjadi Summer Research Intern dalam Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia pada tahun 2019 selama lima bulan.

Sejalan dengan aktivitasnya sebagai feminis. kini, Gustika diketahui menjadi consultant di Plan International, Co Director dalam Girl, Peace and Security, Researcher dalam Imparsial (The Indonesian Human Rights Monitor) dan baru-baru ini menjadi 2022 Pipeline Program Fellow dalam Women of Color Advancing Peace, Security and Conflict.

Gustika juga menjadi creative dan co-host dari "Randy and Gustika Are: Unqualified" dalam Box2BoxID, dan menjadi Pembawa acara Daily Quote Indonesia, podcast asli dari Spotify Studios dan Parcast yang diproduksi oleh Box2Box Media Network.

Baca:Aktif di Kegiatan Pemuda Internasional, Ini Resep Gustika Hatta