5 Dampak Kecemasan pada Tubuh, Wajah Tampak Kusut dan Rambut Rontok

Ilustrasi wanita cemas. Freepik.com/Wayhomestudio

kesehatan

5 Dampak Kecemasan pada Tubuh, Wajah Tampak Kusut dan Rambut Rontok

Kamis, 20 Januari 2022 20:30 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Gangguan kecemasan merupakan kondisi di mana rasa cemas atau khawatir muncul secara berlebihan dan tidak terkendali. Penderita bahkan tidak bisa menjelaskan mengapa dirinya cemas dan khawatir berlebihan.

Kecemasan dapat menyerang siapa saja dan menimbulkan rasa tidak nyaman karena aktivitas sehari-hari akan ikut terpengaruh. Tidak hanya itu, terkadang penampilan juga akan ikut terpengaruh, misalnya, wajah tampak kusut dan mata menjadi kurang bercahaya. Jimmy K. Santosa, seorang hipnoterapis mengatakan, kondisi seperti wajah kusut dan mata yang kurang bercahaya sangat wajar saat mengalami cemas. 

“Stres dengan apa yang kamu alami kan buat kamu jadi mikir, makanya wajahmu jadi kurang cerah. Orang normal juga akan seperti ini kok kalau kebanyakan mikir,” kata Jimmy, mengutip akun Instagramnya, Kamis, 20 Januari 2022.

Selain wajah dan mata, ada beberapa dampak lain kecemasan pada tubuh seperti berikut.

1. Rambut rontok

Sebetulnya, rambut rontok tidak secara langsung disebabkan oleh kecemasan, melainkan stres yang disebabkan oleh aktivitas yang terganggu karena kecemasan.  

2. Berat badan turun

Penurunan berat badan lazim terjadi saat cemas karena cadangan energi akan dipakai. Belum lagi jika makanan yang Anda konsumsi tidak bergizi dan tidak ada proteinnya.

3. Lebih sering buang air kecil

Sering buang air kecil merupakan hal yang umum terjadi, jadi jangan terlalu khawatir. Semakin Anda menghitung berapa banyak Anda buang air kecil hari ini, maka Anda akan semakin cemas dan tegang. Daripada sibuk menghitung, lebih baik kendalikan pikiran Anda agar lebih tenang. Saat Anda sudah kembali tenang, maka frekuensi buang air kecil akan kembali normal.

4. Mudah lelah

Bila Anda memiliki gangguan kecemasan dan sering memikirkan hal buruk, maka ini akan berpengaruh pada fisik sehingga mudah lelah. “Tapi, kamu boleh lho untuk capek, jangan rasa capek buat kamu jadi cemas,” katanya.

5. Wajah jadi kebas atau kesemutan

Terkadang, beberapa orang merasa wajahnya seperti kebas atau kesemutan. Bila sudah begitu, orang-orang seringkali mengaitkannya dengan stroke. Padahal, itu bukan semata tanda alami stroke. Bisa saja itu terjadi akibat gangguan kecemasan.

Baca juga: Waspada, Stres dan Kecemasan Bisa Menjadi Penyebab Gangguan Pencernaan