Inspirasi Maya Angelou, Michelle Obama: Simbol Kecantikan Tak Kenal Warna Kulit

Michelle Obama. Instagram/@michelleobama

ragam

Inspirasi Maya Angelou, Michelle Obama: Simbol Kecantikan Tak Kenal Warna Kulit

Jumat, 14 Januari 2022 11:45 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Mantan Ibu Negara Amerika Serikat Michelle Obama mengunggah foto penghormatan kepafa pemenang hadiah Pulitzer di laman Instagramnya, Rabu 12 Januari 2022. Istri Barack Obama ini merujuk pada puisi ikonik Maya Angelou, sosok perempuan fenomenal yang karyanya pernah diterbitkan 1955 lalu.

"Penghormatan yang tepat untuk memiliki Dokter Maya Angelou menjadi perempuan kulit hitam pertama di kawasan AS—dia adalah peremouan fenomenal yang kenyamanannya di kulitnya sendiri membuat banyak dari kita merasa terlihat di kulit kita," tulis Obama dalam keterangan foto dirinya. Wajah Angelou di layar di latar belakang.

"Saya ingat pertama kali saya membaca Phenomenal Woman, dan betapa terkejutnya saya dengan kekuatan penegasan dari kata-katanya. Dia merayakan kecantikan seorang perempuan kulit hitam yang belum pernah ada yang berani melakukannya sebelumnya," lanjutnya.

"Dalam sebuah puisi tunggal, dia berbicara tentang esensi kita, dan menghiasi kita dengan lagu kebangsaan untuk semua perempuan—lagu yang mengungkap harapan kita, rasa sakit kita, ambisi kita, ketakutan kita," tambahnya, menyimpulkan, "Dia mengenal kita dengan cara tertentu. yang tidak dilakukan orang lain, dan dia pantas mendapatkan kehormatan luar biasa ini."

Maya Angelou bersosialisasi dalam sebuah pesta kebun di rumahnya di Winston-Salem, Amerika serikat, 20 Mei 2010. Angelou adalah penulis buku "I Know Why the Caged Bird Sings". AP/Nell Redmond

Koin untuk menghormati Angelou mulai beredar pada hari Senin, dan memberikan penghormatan kepada otobiografinya tahun 1970, I Know Why the Caged Bird Sings. Sementara kuartal baru masih menampilkan George Washington di sisi kepala, aktivis hak-hak sipil muncul di sisi ekor dalam posisi yang membangkitkan judul otobiografi.

Angelou, yang meninggal pada usia 86 pada tahun 2014, adalah salah satu dari 20 perempuan perintis yang dihormati oleh US Mint dengan serangkaian kuartal baru sebagai bagian dari American Women Quarters Program, United States Mint membagikan di situsnya.

Dokter Sally Ride dan Angelou adalah dua perempuan pertama yang ditampilkan di belakang koin, yang memulai debutnya bulan ini dan akan terus beredar hingga tahun 2025. Selama periode itu, koin tambahan yang menampilkan penerima penghargaan lainnya akan beredar, tambah United States Mint.

"Merupakan kehormatan bagi saya untuk mempersembahkan koin pertama yang beredar di Bangsa kami yang didedikasikan untuk merayakan wanita Amerika dan kontribusi mereka terhadap sejarah Amerika," kata Wakil Direktur Mint Ventris C. Gibson, sesuai siaran pers di situs web US Mint.

"Setiap kuartal 2022 dirancang untuk mencerminkan luas dan dalamnya pencapaian yang dirayakan di seluruh program koin bersejarah ini. Maya Angelou, ditampilkan di kebalikan dari koin pertama dalam seri ini, menggunakan kata-kata untuk menginspirasi."

Baca: Serasi dengan Suami, Gaya Serba Hitam Michelle Obama Rayakan Tahun Baru 2022

PEOPLE