Anak Pertamanya Ingin Beribadah Umrah, Titi Kamal: Kaget dan Tak Menduga

Titi Kamal, Christian Sugiono dan Arjuna Zayan Sugiono. Instagram.com

keluarga

Anak Pertamanya Ingin Beribadah Umrah, Titi Kamal: Kaget dan Tak Menduga

Sabtu, 1 Januari 2022 14:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Aktris, Titi Kamal dibuat kaget oleh keinginan putra sulungnya, Arjuna Zayan Sugiono. Bocah berusia delapan tahun itu secara tiba-tiba mengungkapkan keinginannya berangkat ke Arab Saudi untuk beribadah umrah.

"Ingin cobain miqot, terus mencium Ka'bah, terus thowaf," kata bocah yang biasa dipanggil Juna itu saat ditanya oleh budenya, Emmily Agustin. Percakapan Juna dengan kakak Titi Kamal itu direkam Titi dan diunggah di beranda Instagramnya, Jumat, 31 Desember 2021.

Emmily lalu menjelaskan proses umrah. "Kan kamu mesti ke Madinah dulu atau ke Jeddah, nah itu kamu ambil miqot dulu, pakai pakaian ihram, nah itu kamu masuk ke Mekkah, nah di situ kamu thawaf tujuh kali," katanya.

Terdengar suara istri Christian Sugiono bertanya kepada putranya alasannya ingin thawaf. "Pengen aja," jawabnya dengan senyum. "Itu namanya umrah dong kok bisa kecil-kecil begini ingin umrah," timpal Emmily.

Arjuna, anak Titi Kamal bersama budenya, Emmily Agustin. Foto: Instagram Titi Kamal.

Melihat keponakannya sangat antusias, Emmily membuka tentang Masjid Nabawi yang di dalamnya ada makam Rasulullah SAW dan dua sahabatnya, Abu Bakar serta Umar bin Khattab. "Nih, bagus banget. Ini mau masuk ke makam Rasulullah," kata Emily saat menunjukkan Masjid Nabawi lewat ponselnya ke Juna. "Bagus banget," teriak Juna.

Menurut Titi, ia tak menduga mendapatkan pertanyaan dari Juna. "Masyaallah, kaget kemarin tiba-tiba Juna bilag mau umrah. Kayaknya dia cari tahu sendiri dan tiba-tiba bilang ke mamanya mau ke Mekkah. Nanti kalau pandemi membaik kita ke sana ya Junn," tulis Titi pada keterangan unggahannya.

Dalam beberapa unggahannya, Titi Kamal kerap mengunggah aktivitas dua putranya, Arjuna dan Kai Attar Sugiono. Juna, diceritakan kerap membaca Asmaul Husna yang sudah dihapalnya. Kali lain, Juna sibuk menuliskan rangkaian kata dari huruf Hijaiyah, yang ditulisnya dengan spidol.

"Jun, ini buat apa?" tanya Titi. Sambil tetap menuliskan rangkaian kata dalam huruf Arab, Juna menjawab pertanyaan ibunya. "Buat ngajarin. "Buat ngajarin ya, hebat anak Mama," sahut Titi Kamal.

Arjuna yang sudah lancar membaca tulis dalam Huruf Arab itu telaten menulis kata demi kata. Ia pun tak ragu membagi ilmu ke adiknya, Kai yang masih suka mengekor tindakan kak

Titi Kamal dan Christian Sugiono menikah pada 6 Februari 2009. Sebelum menikah, mereka berpacaran selama sepuluh tahun. Sebelum menikah, Christian Sugiono dikabarkan masuk Islam terlebih dulu. Buah cinta mereka lahir setelah hampir lima tahun menunggu.

Baca:  Bold Serba Hitam, Gaya Titi Kamal di Gala Premier Film Makmum 2

ISTIQOMATUL HAYATI