7 Member BTS Bikin Akun IG Personal, Hanya Suga yang Berani Buka Kolom Komentar

profil

7 Member BTS Bikin Akun IG Personal, Hanya Suga yang Berani Buka Kolom Komentar

Senin, 6 Desember 2021 23:08 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - ARMY, penggemar BTS, dari seluruh dunia sepertinya sedang sangat senang ketika mengetahui anggota BTS akhirnya membuka akun personal mereka di Instagram. Ada yang mengunggah 7 akun Instagram member BTS itu di akun pribadi ARMY, ada pula yang mengomentari berbagai unggahan pertama member BTS. ARMY lain bahkan ikut mengomentari berbagai username yang digunakan para pria tampan itu.

Di Instagram, selama ini ARMY hanya bisa memantau aktivitas member grup itu, melalui akun grup BTS, yaitu @bts.bighitofficial. Akun grup BTS itu, terlihat kurang aktif karena dijalankan oleh tim Big Hit Music. Dengan 53,9 juta pengikut, akun @bts.bighitofficial itu baru merilis 963 unggahan saja. Kebanyakan pun hanya berupa promosi dan jadwal kegiatan 7 member BTS.

Pada 6 Desember 2021, Big Hit Music akhirnya membuka akun personal untuk ketujuh member BTS secara serempak. Akun RM BTS adalah @rkive, akun J-Hope BTS adalah @uarmyhope. Jin BTS menggunakan username @jin, lalu V BTS menggunakan akun @thv. Kemudian ada pula Jimin BTS yang menggunakan akun bernama @j.m. Rapper Suga BTS, menggunakan akun @agustd, terakhir Jungkook BTS menggunakan username paling unik, yaitu @abcdefghi__lmnopqrstuvwxyz.

Penggemar pun langsung membanjiri akun para member BTS yang sudah terverifikasi itu. Mereka akhirnya bisa melihat berbagai kegiatan para idola mereka secara langsung. Lihat saja, dalam beberapa jam saja, akun-akun itu sudah diikuti oleh jutaan ARMY.

Salah satu yang mungkin akan terasa kurang adalah ketika mayoritas member BTS memilih untuk tidak membuka kolom komentar mereka atas unggahan yang dirilis. Pada beberapa unggahan pertama, hanya para member yang bisa saling memberi komentar di akun member BTS lainnya. ARMY pun hanya bisa menyukai berbagai unggahan idola mereka itu.

Dari 7 member BTS, hanya 1 member yang membuka kolom komentarnya, yaitu Suga BTS. Tidak heran, para fans pun membanjiri kolom komentar unggahannya yang berupa sebuah foto pemandangan taman. Setelah 5 jam diposting, sudah ada 12,6 ribu komentar yang tertulis di foto pertama Suga BTS.

Membatasi kolom komentar memang salah satu layanan Instagram sejak Oktober 2019. Restriksi itu, harapannya bisa melindungi pengguna media sosial, khususnya remaja dari perundungan (bullying) di dunia maya. "Bullying adalah isu yang kompleks dan kami tahu anak remaja kerap menghadapi isu ini di dunia maya tapi mereka kadang merasa sungkan untuk melaporkan atau memblokir teman yang mengolok-olok mereka," kata Instagram dalam keterangan resminya saat itu.

Fitur pembatasan juga berlaku untuk Direct Message. Pesan dari akun yang dibatasi akan masuk ke Message Request dan si pengirim tidak akan tahu apakah pesan sudah dibaca atau belum. Akun yang telah dibatasi tidak bisa melihat kapan pengguna aktif di Instagram. Pengguna juga tidak akan mendapat notifikasi jika akun yang dibatasi berinteraksi dengan pengguna, misalnya memberikan komentar.

Ada banyak alasan seseorang membatasi kolom komentar mereka. Entah karena tidak mau melihat komentar jahat netizen, atau tidak mau terusik dengan berbagai notifikasi di kolom komentar. Ada pula mungkin yang ingin hidup tenang dan menjauhi kehebohan komentar dunia maya. 

Kira-kira apa ya alasan 6 member BTS lebih suka menutup komentar netizen itu. Apakah sesuai perkiraan Instagram, yaitu agar melindungi diri dari perundungan? Kamu lebih suka mereka membuka atau menutup kolom komentar?

Baca: Lagu Boy With Luv BTS Sudah Ditonton 1,4 Miliar Kali di YouTube