Melahirkan Bayi Kembar, Zivanna Letisha Ungkap Kekhawatirannya Operasi Caesar

Zivanna Letisha melahirkan bayi kembar dengan sehat pada Jumat 12 November 2021/Foto: Instagram/Zivanna Letisha

keluarga

Melahirkan Bayi Kembar, Zivanna Letisha Ungkap Kekhawatirannya Operasi Caesar

Minggu, 28 November 2021 15:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar bahagia tengah dirasakan oleh Putri Indonesia 2008 Zivanna Letisha yang baru saja dikarunia putri kedua kembar yang lucu dan menggemaskan. Tepat pada hari Jumat 12 November 2021, putri kembar yang diberi nama Kimora Adam Harahap (Kimi) & Kanaya Sulaiman Harahap (Kana) ini lahir melalui proses operasi caesar.

Zivanna mengunggah kebahagiannya melalui video yang menampilkan proses kelahiran anak kembar putrinya, mulai persiapan hingga saat operasi yang ditemani suami tercinta Haries Argareza Harahap ini.

"Hari melahirkan selalu jadi hari yang sentimentil buatku. Terlalu banyak emosi yang bercampur jadi satu. Apapun cara melahirkannya," tulis Zivanna.

Zivanna mengatakan perbedaan proses melahirkan sebelumnya dengan cara pervaginam, kehamilan kedua ini membuatnya melahirkan melalui operasi caesar. Diakui Zivanaa jika dia sempat mengalami kekhawatiran saat memutuskan operasi caesar karena bukan sebuah keputusan mudah.

"Karena jujur aja aku takut banget sama yang namanya ruang operasi dan segala prosesnya), tapi mengingat kehamilan kembar termasuk high risk pregnancy + posisi janin dalam perut bener2 akrobat (1 sungsang dan 1 melintang), aku harus mengutamakan keselamatan dibandingkan rasa takutku," tulisnya. 

Ia menceritakan jika segala macam latihan posisi optimalisasi janin dan yoga hamil sudah dilakukan, bareng bidan-bidan yang super helpful di @smilebirth.id, tapi ternyata bayi-bayi punya agendanya sendiri and that's ok!

Dokter kandungan juga sangat mendukungnya untuk melahirkan secara normal asalkan posisi kedua janin sudah optimal. Ia merasa beruntung ditangani ditangani oleh tim dokter yang sangat sigap dan cekatan di RSIA Brawajiya sehingga proses operasi pun berjalan dengan minim trauma. 

"Sekarang aku semakin paham, bahwa lahiran normal/caesar semua berujung pada kesehatan + keselamatan, bukan keinginan semata, dan tentunya sama sekali tidak menjadi penentu baik/buruknya seorang Ibu," sambungnya. 

Zivanna juga mengucapkan terima kasih untuk suami dan tim dpkter yang sudah menanganginya dengan sabar karena selalu menenangkan setiap kontrol lahiran.

"Untuk keluargaku tercinta, teman-teman tersayang yg selalu whatsapp nanyain kabarku, terima kasih atas ucapan baiknya & supportnya. I need that!! Teman-teman online yg tiap hari DM/komen nanya kabar, terima kasih banyak perhatiannya much appreciated! Maaf belum sempat balas semuanya yaa, masih harus fokus ke pemulihan bayi-bayi terlebih dahulu," pungkasnya.

Baca: Hamil 26 Minggu, Zivanna Letisha Mantap Vaksin COVID-19 Moderna