Nagita Slavina Sudah Melahirkan, Raffi Ahmad Skin to Skin Contact dengan Bayinya

Maternity shoot Nagita Slavina bersama suami, Raffi Ahmad. Foto: tangkapan layar YouTube/Rans Entertainment

keluarga

Nagita Slavina Sudah Melahirkan, Raffi Ahmad Skin to Skin Contact dengan Bayinya

Jumat, 26 November 2021 14:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, JakartaRaffi Ahmad memamerkan putra keduanya yang baru dilahirkan Nagita Slavina pada Jumat, 26 November 2021. Ia mengunggah foto saat menggendong adik Rafathar ini untuk melakukan skin to skin sebagai bagian dari proses setelah kelahiran bayi.

"Alhamdulillah...Lahir dengan sehat dan selamat... Tambah lagi jagoan Papa di Andara...Minta doanya ya guys buat Nagita dan dedek bayi," tulisnya pada keterangan unggahan dua foto itu di halaman Instagramnya, kurang dari setengah jam lalu, Jumat, 26 November 2021. Tapi Raffi masih menyembunyikan nama putra keduanya ini. "Dedek Bayi 'R'. Siapa namanya???" tulisnya menambahkan seraya berteka-teki.

Kelahiran Bayi R ini langsung ramai di Twitter. Kata kunci Rafathar menjadi trending topic untuk mengabarkan kelahiran adiknya. Akun Twitter TikTok Indonesia pun mengabarkan kelahiran ini melalui cuitan mereka. "Selamat @5raffinagita1717! Baby R sudah #lahirans pukul 07.36 WIB dengan selamat pagi ini. 3.095 gram, 48 cm, sekali lagi selamat yaaa @raffinagita1717, asik nih Rafathar punya adik," cuit admin akun resmi itu.

Akun TikTok juga mengunggah video persiapan sebelum kelahiran. "Kita doa buat Gigi biar lancar kelahirannya," kata Rieta Amilia, ibunda Gigi. Terlihat di video itu, Raffi dan Nagita berdiri di depan pintu kamar operasi. Raffi menenangkan Gigi agar tenang menghadapi operasi. "Tenang, insyaallah semua akan baik-baik saja," kata Raffi kepada istrinya.

Menurut Raffi Ahmad, ia lebih siap menghadapi kelahiran adik Rafathar ini. "Karena dia mungkin ini anak kedua, jadi sudah punya pengalaman. Yang deg-degan sih Gigi," kata Raffi saat ditanya bagaimana perasaannya.

Jika dilihat dari waktu kelahirannya pukul 07.36 pagi tadi, ini berarti saat Raffi mengunggah foto dia dan Nagita Slavina bersiap melakukan operasi caesar di halaman Instagramnya , merupakan unggahan tunda. Artinya, saat mengunggah foto minta didoakan itu, bayinya sudah lahir.

Tindakan yang dilakukan Raffi Ahmad sebagai bagian dari treatment pasca melahirkan memiliki sederet manfaat kesehatan bagi bayi yang baru lahir. Melansir laman Nuroobaby berikut manfaatnya:

1. Mempercepat perkembangan otak

Kontak kulit ke kulit adalah pengalaman multi-indera. Memegang bayi di kulit Ayah meningkatkan perkembangan jalur saraf penting, yang mempercepat pematangan otak. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa bayi kanguru menghabiskan lebih banyak waktu dalam tidur yang tenang, yang meningkatkan pola di otak dan mengurangi respons stres bayi.

2. Menenangkan dan mengurangi stres

Hubungan langsung dengan kulit Ayah selama Kangaroo Care sangat menenangkan bayi sehingga kadar kortisol (hormon stres) bayi diturunkan secara terukur setelah hanya 20 menit dipeluk. Dan, hebatnya, rasa sakit mereka berkurang saat bersentuhan kulit. Akibatnya, bayi yang menjalani Perawatan Kanguru secara teratur sering kali lebih jarang menangis dan tampak kurang gelisah.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Perkembangan fungsi otak yang matang pada bayi tergantung pada kualitas siklus tidurnya. Selama skin to skin, kebanyakan bayi tertidur dengan mudah, dan mencapai apa yang disebut "Tidur Tenang", tidur nyenyak alami selama 60 menit atau lebih.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan bayi dirangsang ketika ditempatkan kulit ke kulit. Sistem kekebalan tubuh ayah yang matang memberikan antibodi melalui kulitnya ke bayi. Berada di kulit ayah juga meningkatkan hidrasi kulit bayi, yang memberikan penghalang pelindung dari bakteri berbahaya yang masuk ke kulit bayi.

5. Merangsang pencernaan dan berat badan

Perawatan Kangaroo mengurangi kortisol dan somatostatin pada bayi, memungkinkan penyerapan dan pencernaan nutrisi yang lebih baik, sekaligus mengurangi masalah pencernaan. Dengan pengurangan hormon-hormon ini, tubuh bayi menyimpan lemak coklat (bayi gemuk yang sehat sejak lahir), membantu menjaga berat badan lahir dan menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Akibatnya, tubuh bayi tidak perlu membakar simpanan lemaknya sendiri agar tetap hangat, sehingga berat badan bayi bertambah lebih baik. Setelah hanya satu jam melakukan skin to skin, sistem pencernaan bayi dikembalikan ke keseimbangan yang tepat untuk fungsi GI yang optimal.

Baca: Ulang Tahun Pernikahan, Raffi Ahmad Buatkan Mal di Rumah untuk Nagita Slavina

ISTIQOMATUL HAYATI | NUROOBABY