A to Z tentang PCOS, dari Gejala, Sebab hingga Pemeriksaan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kalendar menstruasi. Freepik.com

Ilustrasi kalendar menstruasi. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sindrom ovarium polikistik atau Polycystic ovary syndrome (PCOS) adalah gangguan hormonal yang umum terjadi pada wanita usia reproduksi. Wanita dengan PCOS mungkin memiliki periode menstruasi yang jarang atau berkepanjangan atau kelebihan kadar hormon pria (androgen). Ovarium dapat mengembangkan banyak kumpulan kecil cairan (folikel) dan gagal melepaskan telur secara teratur.

Dikutip dari laman Mayo Clinic, penyebab pasti PCOS tidak diketahui. Diagnosis dan pengobatan dini bersama dengan penurunan berat badan dapat mengurangi risiko komplikasi jangka panjang seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Gejala

Gejala-gejala PCOS sering berkembang sekitar waktu periode menstruasi pertama selama masa pubertas. Terkadang PCOS berkembang kemudian, misalnya, sebagai respons terhadap kenaikan berat badan yang substansial. Gejala PCOS bervariasi, diagnosis PCOS dibuat ketika Anda mengalami setidaknya dua dari tanda-tanda di bawah ini.

  • Periode tidak teratur

Siklus menstruasi yang jarang, tidak teratur atau berkepanjangan adalah tanda PCOS yang paling umum. Misalnya, Anda mungkin mengalami kurang dari sembilan periode setahun, lebih dari 35 hari antara periode dan periode berat yang tidak normal.

  • Androgen berlebih

Peningkatan kadar hormon pria dapat menyebabkan tanda-tanda fisik, seperti rambut wajah dan tubuh yang berlebihan (hirsutisme), dan terkadang jerawat parah dan pola kebotakan pria.

  • Ovarium polikistik

Indung telur Anda mungkin membesar dan mengandung folikel yang mengelilingi telur. Akibatnya, ovarium mungkin gagal berfungsi secara teratur.

Tanda dan gejala PCOS biasanya lebih parah jika Anda mengalami obesitas.

Ilustrasi wanita memegang kalendar menstruasi. Freepik.com

Kapan harus ke dokter?

Temui dokter Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang periode menstruasi Anda, mengalami infertilitas atau memiliki tanda-tanda kelebihan androgen seperti memburuknya hirsutisme, jerawat, dan kebotakan pada pria.

Tidak ada tes untuk mendiagnosis PCOS secara definitif. Dokter Anda kemungkinan akan memulai dengan diskusi tentang riwayat kesehatan Anda, termasuk periode menstruasi dan perubahan berat badan Anda. Pemeriksaan fisik akan mencakup  tanda-tanda pertumbuhan rambut berlebih, resistensi insulin dan jerawat.

Penyebab

Penyebab pasti PCOS tidak diketahui, faktor-faktor yang mungkin berperan di antaranya

  • insulin berlebih

Insulin adalah hormon yang diproduksi di pankreas yang memungkinkan sel untuk menggunakan gula, pasokan energi utama tubuh Anda. Jika sel-sel Anda menjadi resisten terhadap aksi insulin, maka kadar gula darah Anda bisa naik dan tubuh Anda mungkin memproduksi lebih banyak insulin. Kelebihan insulin dapat meningkatkan produksi androgen, menyebabkan kesulitan dengan ovulasi.

  • Peradangan tingkat rendah

Istilah ini digunakan untuk menggambarkan produksi zat sel darah putih untuk melawan infeksi. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita dengan PCOS memiliki jenis peradangan tingkat rendah yang merangsang ovarium polikistik untuk memproduksi androgen, yang dapat menyebabkan masalah jantung dan pembuluh darah.

  • Gen tertentu

Penelitian menunjukkan bahwa gen tertentu mungkin terkait dengan PCOS.
androgen berlebih. Ovarium menghasilkan kadar androgen yang sangat tinggi, yang mengakibatkan hirsutisme dan jerawat.

Komplikasi PCOS dapat meliputi:

  • infertilitas
  • Diabetes gestasional atau tekanan darah tinggi yang diinduksi kehamilan
  • Keguguran atau kelahiran prematur
  • Steatohepatitis nonalkohol — peradangan hati parah yang disebabkan oleh
  • akumulasi lemak di hati
  • Sindrom metabolik - sekelompok kondisi termasuk tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan kadar kolesterol atau trigliserida abnormal yang secara signifikan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular
  • Diabetes tipe 2 atau pradiabetes
  • Apnea tidur
  • Depresi, kecemasan dan gangguan makan
  • Perdarahan uterus abnormal
  • Kanker lapisan rahim (kanker endometrium)
  • Obesitas dikaitkan dengan PCOS dan dapat memperburuk komplikasi dari gangguan tersebut.

Jika Anda memiliki sederet gejala di atas, dokter mungkin akan merekomendasikan pemeriksaan berikut

  • Pemeriksaan panggul

Dokter secara visual dan manual memeriksa organ reproduksi Anda untuk massa, pertumbuhan atau kelainan lainnya.

  • Tes darah

Darah Anda dapat dianalisis untuk mengukur kadar hormon. Pengujian ini dapat menyingkirkan kemungkinan penyebab kelainan menstruasi atau kelebihan androgen yang menyerupai PCOS. Anda mungkin memiliki tes darah tambahan untuk mengukur toleransi glukosa dan kadar kolesterol dan trigliserida puasa.

  • USG

Dokter Anda memeriksa penampilan ovarium Anda dan ketebalan lapisan rahim Anda. Perangkat seperti tongkat (transduser) ditempatkan di vagina Anda (USG transvaginal). Transduser memancarkan gelombang suara yang diterjemahkan ke dalam gambar di layar komputer.

Jika Anda memiliki diagnosis PCOS, dokter Anda mungkin merekomendasikan tes tambahan untuk komplikasi. Tes tersebut dapat mencakup seperti berikut.

- Pemeriksaan berkala tekanan darah, toleransi glukosa, dan kadar kolesterol dan trigliserida.

- Skrining untuk depresi dan kecemasan.

- Skrining untuk apnea tidur obstruktif.

Untuk mencegah PCOS, jangan tunda konsultasi ke dokter, jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, ya.

Baca juga:

4 Suplemen yang Disarankan untuk Penderita PCOS, Omega-3 dan Inositol

MAYO CLINIC

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."