4 Suplemen yang Disarankan untuk Penderita PCOS, Omega-3 dan Inositol

Ilustrasi suplemen minyak ikan. StyleCraze

kesehatan

4 Suplemen yang Disarankan untuk Penderita PCOS, Omega-3 dan Inositol

Rabu, 24 Februari 2021 10:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam beberapa tahun terakhir, kasus sindrom ovarium polikistik atau Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) telah meningkat secara signifikan di seluruh dunia.  PCOS adalah gangguan hormonal yang menyebabkan pembesaran ovarium dengan kista kecil di tepi luar. Penambahan berat badan, rambut rontok, jerawat, dan menstruasi yang tidak teratur adalah beberapa gejala lain PCOS.

PCOS memang merupakan kondisi kesehatan yang serius tetapi bukannya tidak bisa dikendalikan. Pola makan bergizi yang terencana dengan baik bisa menyeimbangkan hormon dan menjaga sistem internal tetap bekerja.

Menurut ahli gizi selebriti asal India, Pooja Makhija, ada empat nutrisi penting bagi perempuan yang mengalami PCOS. Nutrisi ini bisa ditemukan dalam makanan, tetapi untuk memastikan asupan yang cukup, suplemen bisa menjadi alternatif. Dosis suplemen tergantung pada kondisi Anda. Sebelum mengonsumsinya, sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi Anda.

4 suplemen yang disarankan untuk perempuan penderita PCOS mengutip laman Times of India, Selasa, 23 Februari 2021

1. Inositol atau Myo-inositol

Inositol atau tepatnya dikenal dengan Myo-inositol merupakan zat mirip vitamin yang terdapat pada beberapa tumbuhan dan hewan. Inositol bahkan bisa dibuat secara artifisial di laboratorium. Sumber alami inositol ditemukan dalam blewah, buah jeruk, kacang-kacangan, beras merah, jagung dan biji wijen, serta dedak gandum.

Suplemen ini dapat membantu mengobati berbagai macam kondisi medis, termasuk gangguan metabolisme dan mood. Dalam kasus PCOS, zat ini membantu meningkatkan fungsi ovarium dan menormalkan menstruasi, sehingga lebih mudah untuk hamil.

2. Omega-3

Omega-3 adalah asam lemak esensial dan termasuk dalam keluarga lemak tak jenuh ganda. Mengonsumsi asam lemak omega-3 secara teratur dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan seperti penurunan risiko penyakit inflamasi dan depresi. Pada pasien PCOS, omega-3 membantu meningkatkan metabolisme glukosa dan memperbaiki leptin, yang pada akhirnya mengurangi rasa lapar dan mengakibatkan penurunan berat badan.

Sumber alami yang kaya omega-3 termasuk minyak ikan, ikan berlemak, minyak biji rami, dan kenari.

Ilustrasi kacang-kacangan. Unsplash/Peter Feghali

3. Kromium

Kromium adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk metabolisme gula dan lemak. Ini mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Asupan harian yang direkomendasikan dari 50 hingga 200 mg. Beberapa sumber alami kromium termasuk kerang, brokoli, dan kacang-kacangan.

Sayangnya, mineral tersebut ditemukan dalam dosis rendah di banyak makanan, sehingga kebanyakan orang mengandalkan suplemen.

4. N-asetilsistein (NAC)

Acetylcysteine, juga dikenal sebagai N-acetylcysteine adalah bentuk suplemen dari asam amino sistein, digunakan oleh tubuh untuk membangun antioksidan. Ini membantu meningkatkan kesuburan dan mengurangi resistensi insulin pada wanita yang menderita PCOS.

Nutrisi ini secara alami dapat ditemukan pada kacang-kacangan, lentil, bayam, pisang, salmon dan tuna. Tetapi kebanyakan orang memilih suplemen untuk meningkatkan asupan sistein bagi penderita PCOS.

Baca juga:

Diet Karbo dan Tinggi Protein Cocok bagi Perempuan Penderita PCOS

TIMES OF INDIA