Hindari Burnout Saat Bekerja di Era Digital dengan 3 Tips Ini

Ilustrasi wanita bekerja dari rumah. Freepik.com/Jcomp

karir

Hindari Burnout Saat Bekerja di Era Digital dengan 3 Tips Ini

Jumat, 12 November 2021 09:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, JakartaWorking from home atau WFH saat ini sudah menjadi kondisi yang dihadapi oleh banyak orang, tetapi minimnya sekat pemisah antara pekerjaan dan kehidupan personal menjadi pemicu stres berlebih atau burnout

Terlebih di era digital ini, kemudahan untuk dapat selalu terkoneksi dan produktif menjadi pisau bermata dua karena menjadi alasan untuk harus terus bekerja yang akhirnya dapat memicu stres dan kelelahan fisik serta mental berkepanjangan atau dikenal dengan istilah burnout.

Untungnya, saat ini kita bisa memanfaatkan ke solusi teknologi dan inovasi yang dibawa ponsel pintar terkini untuk berhenti sejenak setelah seharian bekerja dan meminimalisir burnout.

“Dalam masa new normal seperti sekarang, penting bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan mental kita agar dapat menjalankan keseharian dengan maksimal. Samsung memahami hal tersebut, dan karenanya selalu menawarkan perangkat yang tidak hanya memudahkan produktivitas kita, namun juga menjaga kesehatan mental saat kita membutuhkannya," kata Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia Verry Octavianus, dikutip dari keterangan resminya, Rabu 10 November 2021.

Melalui fitur seperti Digital Wellbeing dan Samsung Health yang ada pada Samsung Galaxy Z Fold3 5G, ia mengatakan Samsung ingin mengajak pengguna untuk memiliki pola konsumsi digital yang baik, demi menjaga kesehatan fisik dan mental mereka.

1. Jangan lupa menjaga kebugaran tubuh

Percaya tidak percaya, kesehatan mental yang baik, juga diawali dengan fisik yang prima lho! Dengan secara rutin menjaga agar badan tetap fit, kamu sudah satu langkah lebih dekat untuk lebih sehat secara mental juga. Bagi kamu yang hobi berolahraga ataupun hanya untuk menjaga kesehatan, aplikasi Samsung Health bisa membantu kamu untuk tetap menjaga kebugaran kamu.

Mulai dari mengatur pola makan dan pola gerak yang teratur, Samsung Health bisa memonitor seberapa banyak langkah yang sudah kamu lakukan hari ini, untuk membantumu tetap berada pada target 15.000 langkahmu. Kamu juga dapat mengecek calorie intake-mu dengan meregister makanan serta minuman yang kamu konsumsi.

Tidak berhenti disana, Samsung Health juga bisa membantu kamu untuk merekam berat badan, dan apabila kamu juga memiliki Samsung Galaxy Watch4 untuk dikoneksikan dengan Galaxy Z Fold3 5G kamu, Samsung Health dapat memonitor kualitas tidur kamu dengan akurat. Berolahraga memang lebih seru ketika dilakukan bersama-sama, namun masa new normal ini membuat kamu lebih terbatas untuk berolahraga bersama teman-teman. 

2. Ekspresikan diri untuk melepaskan diri dari stres

Salah satu cara untuk mengatasi emosi yang berlebihan adalah dengan menemukan cara yang sehat untuk mengekspresikan diri. Membuat jurnal untuk mengekspresikan apa yang kamu rasakan dengan tulisan atau gambar dengan bebas dapat membantumu memahami lebih baik apa yang menjadi masalah kamu, mengurangi overthinking, dan mengatur emosi dengan lebih baik.

Membuat jurnal dimanapun kamu inginkan dengan Galaxy Z Fold3 5G dengan layar 7,6 inci yang responsif serta form factornya yang ringkas dibawa-bawa, dikombinasikan dengan S Pen dengan latensinya yang rendah sehingga coretan-coretan perasaan dan keterbukaan bisa dilakukan dengan nyaman seperti di atas kertas. Tak hanya sebagai wadah untuk menuangkan pikiran dan perasaan pribadi, journaling juga sangat bisa dimanfaatkan untuk mengasah kreativitas dan sebagai hiburan.

3. Sempatkan waktu bersama support system kamu

Bercerita kepada seseorang mengenai masalah kamu merupakan salah satu cara melepas stress. Coba ceritakan perasaanmu kepada orang-orang terdekat yang dapat kamu percaya. Meski tidak selalu mendapatkan solusi, cara ini dapat membantu melepaskan emosi negatif dan mengurangi stres pekerjaan. Sekedar bercengkrama dengan keluarga bisa mengurangi beban mental yang dirasakan. Atau kalau sudah berlarut-larut, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Channel yang paling sering digunakan di era new normal ini adalah melalui video call. Dengan Samsung Galaxy Z Fold3 5G kamu tidak perlu khawatir akan kualitas dari video call kamu, dengan kamera beresolusi 10MP dipastikan sudah lebih dari cukup untuk membuat gambar kamu terlihat jernih. Jangan lupa dengan layarnya yang lebih luas, Samsung Galaxy Z Fold3 5G juga membuat kamu lebih leluasa untuk melihat setiap anggota dalam video call, sehingga momen kebersamaannya lebih terasa.

Baca: Orang Tua, Simak Tips Atasi Burnout saat Dampingi Anak Belajar