Tips Bikin Anak Terbiasa Makan Camilan Sehat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi trail mix camilan untuk diet. Freepik.com/Racool Studio

Ilustrasi trail mix camilan untuk diet. Freepik.com/Racool Studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk membuat anak terbiasa mengkonsumsi camilan sehat. Menurut laman yang dikutip dari Canadian Paediatric Society, orang tua perlu mengatur waktu makan untuk seluruh keluarga. Usahakan untuk selalu makan bersama si kecil baik itu untuk santapan utama maupun menikmati camilan sehat.

Berikutnya, coba berikan makanan yang bervariasi dan seimbang dari semua kelompok sumber zat gizi kepada anak-anak. Coba pilih makanan yang bisa dengan mudah dicerna oleh anak, seperti makanan yang sudah dipotong-potong kecil ataupun ditumbuk halus.

Selanjutnya, coba bantu anak-anak belajar menggunakan sendok atau milih camilan dengan kemasan siap santap, libatkan si kecil saat memilih dan mempersiapkan hidangan dan menata meja makan.

Sebaiknya, jangan gunakan sembarang camilan sebagai iming-iming, cobalah ajarkan anak untuk membaca label pada kemasan makanan saat berbelanja, kurangi makanan siap saji di restoran dan tunjukkan pentingnya menikmati makanan bersama keluarga dengan hidangan sehat yang dimasak di rumah.

Ada beberapa ide membuat kemasan camilan agar lebih menarik dari Greenfields, salah satunya gunakan boneka jari yang lucu atau finger puppets. Bahan-bahan yang diperlukan yakni kertas origami, gunting, lem atau selotip dan kemasan Greenfields Kids’Yogurt Pouch.

Untuk membuat finger puppets, ada tiga langkah yang perlu dilakukan, pertama ambil selembar origami lalu lipat satu sisi kira-kira sepertiga ke arah tengah, setelah itu lipat sisi lainnya ke bawah agar sesuai sampai menjadi tabung kecil, kemudian guntingkan muka karakter di kemasan Greenfields Yogurt Pouch, lalu di tempelkan dengan lem atau selotip.

Ide kedua, toilet paper roll car. Bahan-bahan yang dibutuhkan yakni: tabung tisu toilet, gunting atau cutter, sumpit, lem panas, 4 tutup Greenfields Kids’ Yogurt Pouch dan pensil warna.

Untuk membuatnya, pertama ambil satu sumpit dan potong menjadi dua bagian yang sama, kemudian dengan lem panas, lemkan satu tutup Greenfields Kids’ Yogurt ke sumpitnya (lakukan ini dua kali), ketiga dengan gunting atau cutter, bikin dua lubang di tabung tisu toilet, setelah itu masukkan sumptinya ke dalam kedua lubang. Setelah itu, kemudian tempelkan tutup Greenfields Kids’ Yogurt Pouch ke ujung sumpit yang lain (lakukan ini dua kali) dan 6) hiaskan tabung tisunya dengan pensil warna.

Ide berikutnya, yogurt pouch reindeer dengan bahan-bahan yakni: kemasan Greenfields Kids’ Yogurt Pouch, kantong kertas warna coklat, gunting, googly eyes, lem, pita dekoratif dan ranting hiasan.

Cara membuatnya yakni pertama, membungkus kemasan dengan kantong kertas cokelat, setelahnya ikat kemasan dengan pita dekoratif. Berikutnya, tempelkan googly eyes menggunakan lem di kemasannya, begitu juga ranting hiasan ke kemasannya sebagai tanduknya.

Baca: Resep Mudah Camilan Bola-bola Keju, Temani Anak Belajar Online

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."