Simak  4 Tips Melatih Kesabaran Anak ala Rachel Vennya, Pahami Emosi dan Sabar

Rachel Vennya. Foto: Instagram/Rachel Vennya,

keluarga

Simak 4 Tips Melatih Kesabaran Anak ala Rachel Vennya, Pahami Emosi dan Sabar

Kamis, 14 Oktober 2021 14:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Sebagai influencer, Rachel Vennya sering kali menjadi sorotan, termasuk dalam hal mendidik kedua anaknya yang masih balita, Xabiru Oshe Al Hakim dan Aurorae Chava Al Hakim.

Beberapa kali, Rachel juga sering meluangkan waktu menjawab pertanyaan pengikutnya seputar pengasuhan anak. Dalam unggahannya di Instagram Story, Rabu, 6 Oktober 2021, satu topik yang dibahas Rachel adalah cara mengajarkan kesabaran.

Rachel yang kerap disapa Buna oleh para pengikutnya di media sosial mengatakan bahwa mengajarkan anak kesabaran tidak mudah. "Better said than done, aku jg kdg suka mumet dan langsung kasih aja ko. Cuma cara ini bikin mereka agak lebih tenang kalo di tempat2 yg diharuskan mereka nunggu/sabar," tulis dia.

Kira-kira bagaimana cara Rachel Vennya dalam melatih anak bersabar? Berikut beberapa tips parenting dari Rachel Vennya yang bisa kamu sontek dalam mengasuh buah hati: 

1. Minta anak menunggu

Ketika anak menginginkan sesuatu, misalnya makanan, cobalah untuk membuat anak menunggu. Beri pengertian kepada mereka bahwa makanan harus diproses untuk di buat terlebih dahulu. "Dijelasin bener2 jelas kenapa dia disuruh nunggu," kata dia.

2. Tanggapi dengan sabar

Ketika anak-anak belum mengerti akan suatu hal yang tidak boleh mereka lakukan, tetapi masih dilakukan, berilah penjelasan dengan sabar agar mereka dapat mengerti alasannya. "Kita juga sabar ngejelasinnya, karena pas ngejelasin kan anak kita suka yg mukanya udah mau nangis gitu."

Rachel Vennya dan putrinya, Chava, saat melakukan pemotretan dengan Kate Spade New York. (dok. Kate Spade New York)

3. Pahami emosi anak

Memang akan membingungkan ketika anak-anak sedang menangis atau kesal karena suatu hal, tetapi sebagai orangtua cobalah untuk memahami emosi yang sedang mereka rasakan.

"Biasanya aku sambil pegang badannya kayak 'sabaar, sabar ya' sambil minta dia nafas tenang untuk kontrol emosinya."

4. Jangan buru-buru memberi yang diminta

Memberikan segala hal yang anak inginkan secara cepat bukanlah menjadi solusi, sebaiknya buat mereka bersabar. "Kadang karena anak nangis kita jadi buru2 kasih gitu kan, kitanya jugu pelan2 aja gak usah buru2, nanti dia pahamnya kalo dia nangis/rewel ya dia akan cepat mendapatkan apa yg dia butuhkan tanpa harus nunggu," kata Rachel.

Sebagai informasi, Rachel Vennya saat ini melakukan pengasuhan bersama atau coparenting dengan mantan suaminya, Niko Al Hakim. Keduanya bercerai pada awal 2021 lalu.

Baca: Jadi Korban Kebencian di Forum Diskusi, Rachel Vennya: Aku Mau Speak Up

YINOLA CRISSY ELENROSE HADRIAN | MILA NOVITA