Jadi Korban Kebencian di Forum Diskusi, Rachel Vennya: Aku Mau Speak Up

Street Style ala Rachel Vennya di New York/Foto: Instagram/Rachel Venya

ragam

Jadi Korban Kebencian di Forum Diskusi, Rachel Vennya: Aku Mau Speak Up

Minggu, 5 September 2021 11:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Awalnya sebuah forum diskusi di media online nasional diperuntukkan untuk saling bercerita. Namun, di perjalanan banyak forum atau thread yang berubah menjadi ajang perundungan dan ujaran kebencian dengan membicarakan orang lain, termasuk influencer.

Begitulah yang dirasakan oleh Influencer dan Selebgram Rachel Vennya yang akhirnya bersuara melalui akun Twitter dan dibagikan di laman Instagramnya, Sabtu 4 September 2021.

Ibu dua anak ini membagikan ceritanya tentang ketakutan yang ia alami sejak 2018 hingga membuat dia menangis dan menyimpan foto anak-anaknya karena ada follower-nya yang melapor jika Rachel masuk ke Detik Forum.

"Suatu platform untuk diskusi yg dibikin @detikcom yg akhirnya menjadi wadah kebencian orang2 terhadap seseorang bahkan sudah sampai part2 kesekian dan beribu ribu page, komeninnya bukan kaya ibu2 ig atau tiktok yg cuma “siapa sih nih orang gakenal” Tp udah sampe, “ni orang duduk sebelah meja gue tadi, orangnya tuh abcdefghijklmnzz” seakan tau cerita hidup ni orang dari lahir," tulis Rachel. 

Perempuan kelahiran 25 September 1995 ini mengaku lebih sering diam saat menjadi korban pembicaraan, sebab ia tak ingin banyak yang membaca, orang lain memberi tahu dia lalu dia ikut membuka dan sakit hati.

"Aku sebenernya punya keyakinan bahwa semenjak aku cerai pasti aku jadi trending di sana, tp aku menguatkan mental aku untuk ga baca, ga gubris, sampe akhirnya di twitter ada yg tag katanya aku di “rujak” sama mereka, aku belum baca, belum tau nih semenjak 2 thun lalu aku diomongin apa," lanjutnya.

Namun, Rachel pun akhirnya menjadi kena trigger dan teringat masa-masa itu yang membuat dirinya benar-benar down sekali seperti terasa berat banget dada untuk bernapas.

"Padahal seberapa sering aku dpt komen hate? Tapi di forum ini, anakku, ibu ku, semuanya seakan sampah yg mereka ga peduli mau ngomong apapun. Kali ini aku mau speak up, aku mau kasih tau siapa aja influencers yg pernah merasa ingin udah aja sama hidup gara2 forum ini. Oh emg banyak kak? Banyak," lanjut Rachel.

Sampai berita ini diturunkan, berdasar pantauan Cantika melalui beberapa akun gosip sudah ada tanggapan dari pihak Detik Forum dan akan menghapus diskusi yang mengandung unsur kebencian.

Tak pelak dukungan dari kalangan influencer dan teman-temannya untuk Rachel pun mengalir, mereka mendukung langkah Rachel untuk speak up karena mengalami hal yang sama. 

Baca: Mengintip Street Style ala Rachel Vennya di New York, Dominan Monokrom