Curhat Ratna Galih Mengasuh Lima Anak: Masak 3 Kali Sehari sambil Dasteran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ratna Galih bersama kelima anaknya. Foto: Instagram/@ratnagalih

Ratna Galih bersama kelima anaknya. Foto: Instagram/@ratnagalih

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Ratna Galih mencurahkan isi hatinya mengasuh lima buah hati. Empat di antaranya berjenis kelamin laki-laki dan satu anak perempuan. Mereka adalah Shelby Adhideva Sawkani, Madiba Arga Sawkani, Benjamin Ayyubi Sawkani serta si kembar Shelma Aisyah Sawkani dan Shaldy Ararya Sawkani. Jarak usia kelima anak-anak Ratna pun cukup dekat. Ia mengaku hingga saat ini masih ada rasa tidak percaya diberi amanah lima anak.

"Ya Allah ga berasa mereka udah gede, kadang masih percaya ga percaya Allah kasih amanah 5 anak.. padahal aku orangnya sangat tidak “sabaran” ga bisa “diem” kdang2 workaholic," katanya di keterangan foto Instagram, Rabu, 25 Agustus 2021.

Dengan segala kekurangan yang dijabarkannya, ternyata Ratna mampu menjalani perannya menjadi ibu rumah tangga demi memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Bahkan ia rela diganggu saat mandi.

"Ternyata karna mereka aku ternyata bisa juga jadi ibu rumah tangga, yang rela masak 3 kali sehari sambil dasteran dan ga pernah punya privacy bahkan pada saat mandi pun," ucap perempuan 33 tahun ini.

Lebih jauh ia memaparkan salah satu tantangan mengasuh anak laki-laki adalah gerak aktif mereka. "Dan Allah percayakan 4 anak laki yg MashaAllah tenaga dan energi nya ga abis2 kayaknya," tutur mantan pacar Raffi Ahmad ini.

Kini Ratna dan keluarga menetap di Bali. Lewat vlog di YouTube-nya, Ratna Galih, 3 Februari 2021, ia menunjukkan huniannya di Bali yang terbilang luas mewah. Selain pemandangan menghadap ke laut, rumah tersebut dilengkapi gym, jacuzzi, kolam renang, dan meja billiard.

"Keputusan pindah ke Bali buat kita sih bener2 spontan… dimana pun kita tinggal selagi kita masih bisa sama2, Disitulah rumah buat kita," imbuhnya. Di masa adaptasinya, Ratna mengaku tak mudah karena jauh dari keluarga dan zona nyamannya. Ia juga berupaya menyesuaikan diri dengan lingkungan baru

"Membangun habit buat anak2 yg tetep bisa mengenal jati diri tapi dengan toleransi.. belajar jadi minoritas tanpa berkecil hati atau terbawa arus," pungkasnya.

Ratna Galih menikah dengan pengusaha tambang, Sawkani Jamhuri, pada 26 Oktober 2012. Sejak saat itu, ia menepi dari dunia hiburan, hanya sesekali tampil sebagai bintang tamu di acara bincang-bincang keluarga. Ia memilih fokus mengasuh kelima buah hatinya. Lewat akun media sosialnya, ia kerap membagikan seputar kehidupannya menjadi ibu rumah tangga. 

Baca juga:

Mengasuh Lima Anak, Ratna Galih: Sekolah Motherhood Seumur Hidup

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."