Viral TikTok Merawat Wajah Pakai Mentimun Beku, Simak Manfaatnya Kata Ahli Kulit

ilustrasi mentimun (pixabay.com)

kecantikan

Viral TikTok Merawat Wajah Pakai Mentimun Beku, Simak Manfaatnya Kata Ahli Kulit

Rabu, 18 Agustus 2021 15:40 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Viral video TikTok merawat wajah menggunakan mentimun beku. Pengguna TikTok @emmafreece mengungkapkan perawatan wajah dengan mentimun beku bermanfaat membuat kulit kusam menjadi bercahaya, melawan bengkak, kemerahan hingga jerawat serta melembapkan kulit. 

Lantas, bagaimana menurut dokter kulit? Menurut Erum N. Ilyas, MD, dokter kulit bersertifikat dan CEO serta pendiri AmberNoon, manfaat mentimun beku di wajah sifatnya mendinginkan kulit.

“Mentimun beku dapat mendinginkan kulit, mengurangi penyumbatan pembuluh darah, dan juga kaya vitamin K yang telah terbukti membantu sirkulasi darah,” katanya dikutip dari laman Well + Good, Selasa, 17 Agustus 2021.

“Ini menggabungkan ilmu pemijatan sistem limfatik di kulit dengan dinginnya dari permukaan mentimun beku untuk memaksimalkan manfaat menghilangkan peradangan dan cairan berlebih di kulit,” sambungnya.

Menurut dokter Ilyas, cairan cenderung menumpuk di jaringan lunak wajah dan sekitar mata, sehingga dapat memburuk dengan alergi, rosacea, tekanan darah tinggi, dan perubahan hormon. Semakin lama cairan itu ada, semakin akan mengubah tekstur kulit di wajah. Kulit wajah Anda bisa mulai menyerupai kulit wajah seperti jeruk atau kantung di bawah mata Anda tampak lebih menonjol dan dalam.

“Selain obat-obatan, pijatan sederhana dan lembut untuk mengembalikan kelebihan cairan ini ke dalam sistem limfatik dapat membantu mengendalikan efek pembengkakan ini, dan saya akan sering memberi tahu pasien untuk memijat kulit di sekitar mata mereka secara melingkar untuk mengurangi tampilan,” jelasnya. Dan untuk alat pijat, mentimun salah satu pilihan yang cukup bagus, ungkapnya.

Mentimun dikenal karena manfaat kulitnya dan memiliki kandungan air yang sangat tinggi, sehingga dapat membeku dengan mudah seperti es batu. “Permukaan yang dipotong memiliki sedikit tekstur, tetapi tidak kasar saat dicairkan,” katanya, sehingga tidak akan mengiritasi kulit Anda. Plus, mentimun juga mengandung vitamin K, B, dan C, serta mineral.

Pada dasarnya, lanjut dokter Ilyas, tidak ada salahnya mencoba peretasan untuk melihat apakah Anda mendapatkan hasil yang serupa. "Saya adalah pendukung bahkan menempatkan pelembap di lemari es sebelum menerapkannya untuk mendinginkan peradangan dan kemerahan di kulit," katanya. Konsep serupa juga bisa digunakan pada roller giok atau roller es untuk kulit.

Bagaimana cara membuat mentimun beku? Potong mentimun di salah satu ujungnya untuk meninggalkan permukaan yang halus dan terbuka. Kemudian masukkan ke dalam freezer, di dalam kantong plastik. Karena dipotong dan diekspos, Anda harus menghindari kontaminasi silang dengan makanan lain dan freezer burn.

Setelah dibekukan, ujung yang belum dipotong akan terasa sangat dingin, jadi bungkus dengan handuk kertas saat memegangnya agar tangan Anda tetap hangat. Kemudian Anda akan mulai menggosokkan potongan mentimun ke wajah Anda selama beberapa menit.

Setelah itu, Anda potong kembali bagian tersebut dan biarkan mentimun membeku kembali dengan permukaan baru yang terbuka untuk digunakan keesokan hari. Jangan lupa, lakukan penyimpanan dengan cara yang sama seperti sebelumnya.

Baca juga: Air Putih Plus Irisan Mentimun Cegah Dehidrasi saat Cuaca Panas