Selain Ganggu Pembekuan Darah, Ini 5 Efek Samping Makan Mentimun Berlebihan

ilustrasi mentimun (pixabay.com)

kesehatan

Selain Ganggu Pembekuan Darah, Ini 5 Efek Samping Makan Mentimun Berlebihan

Rabu, 16 September 2020 05:00 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Makanan apa pun yang dikonsumsi secara berlebihan mempunyai efek samping untuk kesehatan tubuh. Contohnya mentimun, sayuran yang relatif aman untuk dikonsumsi sehari-hari bisa timbulkan alergi, ganggu pembekuan darah hingga beracun, bila dikonsumsi berlebihan

Berikut Enam Efek Samping Mentimun yang Wajib Diwaspadai

1. Mengundang reaksi alergi

Beberapa orang terbukti pernah mengalami alergi terhadap mentimun. Jika Anda salah satunya, sebaiknya hindari mentimun dalam bentuk apa pun. Berbagai gejala alergi mentimun meliputi ruam kulit, pembengkakan, dan sesak napas. 

2. Gangu proses pembekuan darah

Mentimun mengandung vitamin K yang cukup tinggi. Ketika Anda mengonsumsi mentimun dalam porsi yang banyak, proses pembekuan darah di dalam tubuh dapat terganggu akibat kadar vitamin K yang terlalu tinggi dalam tubuh. 

Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan pengencer darah seperti warfarin, ada baiknya tidak mengonsumsi banyak mentimun. Jika perlu, berkonsultasilah pada dokter sebelum mengonsumsi mentimun.

3. Mengandung senyawa yang bisa beracun

Menurut berbagai studi, kandungan mentimun, seperti cucurbitacin dan tetracylic triterpenoid, dapat menimbulkan efek racun di dalam tubuh. Kedua senyawa inilah yang memberikan sedikit rasa pahit ketika Anda mengonsumsi mentimun.

Para ahli bahkan menyatakan bahwa mengonsumsi mentimun terlalu berlebihan dapat mengancam nyawa. Maka dari itu, batasi porsi mentimun Anda dan jangan berlebihan dalam memakannya.

4. Menyebabkan perut kembung

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mentimun mengandung cucurbitacin. Senyawa ini dapat menyebabkan terganggunya sistem pencernaan, terutama mereka yang memiliki sistem pencernaan sensitif. Bahkan, mengonsumsi cucurbitacin terlalu banyak dipercaya dapat menyebabkan perut kembung.

5. Menyebabkan hilangnya cairan dari dalam tubuh

Mentimun menjadi salah satu sayuran yang mengandung kadar air terbanyak. Namun siapa sangka, efek samping mentimun dapat menyebabkan hilangnya cairan dalam tubuh? Biji mentimun mengandung cucurbitin, yakni senyawa yang memiliki sifat diuretik sehingga intensitas buang air kecil semakin meningkat. 

6. Kelebihan vitamin C

Mentimun mengandung kadar vitamin C yang cukup melimpah. Nutrisi ini memang sangat penting untuk menjaga sistem imun tubuh dari penyakit, seperti pilek atau flu. Vitamin C juga merupakan sebuah antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. 

Namun, ketika Anda mengonsumsi mentimun terlalu banyak, kadar vitamin C yang berlebihan itu malah bisa menyerang tubuh. Hal ini juga dapat menyebabkan munculnya radikal bebas yang mampu mengakibatkan datangnya penyakit.

SEHATQ