5 Karbohidrat Ini Bantu Turunkan Berat Badan, Cocok untuk Pejuang Diet

Ilustrasi diet dengan buah. Shuterstock

kesehatan

5 Karbohidrat Ini Bantu Turunkan Berat Badan, Cocok untuk Pejuang Diet

Kamis, 12 Agustus 2021 18:55 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Selama bertahun-tahun, Anda telah diberi informasi bahwa jika Anda tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali, itu akan membantu menurunkan berat badan. Namun, menghindari karbohidrat sangat sulit. Pada akhirnya membuat Anda kelaparan dan membuat Anda makan makanan yang kurang sehat.

Sebagian besar ahli diet dan ahli gizi terakreditasi mengungkapkan bahwa Anda tidak perlu melepaskan karbohidrat untuk menurunkan berat badan.

Dokter Joanna McMillan, seorang ahli gizi mengatakan, otak kita membutuhkan karbohidrat untuk berfungsi, dan sementara sayuran dan buah-buahan mengandung banyak karbohidrat yang kita butuhkan, kebanyakan dari kita masih membutuhkan sedikit tambahan karbohidrat dari biji-bijian dan kacang-kacangan.

“Bahan gandum dan kacang-kacangan (makanan seperti buncis dan lentil) akan menjadi makanan super yang lebih banyak kita masukkan ke dalam makanan kita.” kata Dr McMillan.

Makan jenis makanan ini membuat Anda kenyang lebih lama, yang berarti Anda cenderung tidak makan camilan yang tidak sehat dan manis, menggagalkan kemajuan penurunan berat badan Anda. Ditambah lagi, makan biji-bijian memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, termasuk meningkatkan kesehatan usus Anda.

Tapi tentu saja, tidak semua karbohidrat diciptakan sama. Ketika Anda berbicara tentang makan karbohidrat, yang dimaksud bukanlah roti putih, pasta, atau makanan manis seperti kue dan biskuit.

Melansir First for Women, Kamis, 12 Agustus 2021 Dr. McMillan merekomendasikan lima jenis karbohidrat terbaik yang bisa Anda makan dan tetap menurunkan berat badan, atau mempertahankan gaya hidup sehat:

1. Beras Gandum, Beras Merah, atau Beras Hitam

Anda dapat membeli ini dalam paket ramah microwave dari supermarket dan seringkali mengandung campuran biji-bijian, yang sangat bagus untuk variasi.

2. Oat

Buat bubur dengan gandum atau tambahkan beberapa sendok ke dalam smoothie pagi Anda untuk tambahan karbohidrat gandum utuh.

3. Sereal gandum

Tidak ada yang salah dengan sereal sarapan gandum utuh," katanya. “Kami sudah lama merasakan bahwa ini adalah makanan yang diproses dengan sangat baik, tetapi merek telah menempuh perjalanan panjang untuk meningkatkan formula mereka. Cukup periksa bahan-bahannya dengan hati-hati dan pilih opsi gandum utuh, rendah gula.”

4. Biji-bijian

“Saya penggemar berat quinoa dan biji-bijian seperti jelai, karena harganya murah dan serbaguna. Gunakan mereka dalam salad untuk dorongan tambahan, ”kata Dr. McMillan.

5. Roti gandum utuh

“Orang sering berpikir bahwa roti supermarket itu buruk, padahal tidak. Carilah roti gandum, apa pun yang Anda bisa lihat potongan kasar di dalam roti, ”katanya. Sourdough juga merupakan pilihan yang baik karena cenderung mengurangi tingkat glikemik roti, sehingga lebih mudah dicerna oleh sebagian orang.

Baca: