4 Suplemen yang Bantu Atasi Kelelahan, Vitamin B12 dan Zat Besi

Ilustrasi suplemen/vitamin. Shutterstock

kesehatan

4 Suplemen yang Bantu Atasi Kelelahan, Vitamin B12 dan Zat Besi

Minggu, 1 Agustus 2021 08:25 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kelelahan merupakan kondisi tubuh merasa lelah dan kekurangan energi secara keseluruhan. Seseorang yang menderita kelelahan dapat memiliki efek serius pada kesejahteraan seseorang, menurunnya motivasi, kehilangan kemampuan untuk berkonsentrasi, dan menyebabkan kondisi lain apabila tidak segera ditangani.

Ada berbagai macam penyebab seseorang mengalami kelelahan, seperti pola makan yang tidak seimbang dan bergizi, terlalu banyak meminum minuman beralkohol, stres secara emosional, kurang tidur, serta kurang aktivitas fisik.

Selain menerapkan pola hidup sehat dari segi gizi makanan, olahraga, dan istirahat yang cukup, suplemen juga bisa bantu atasi kelelahan. Mengutip dari Express, berikut rekomendasi suplemen yang bisa mengatasi kelelahan.

1. Magnesium

Salah satu indikator awal dari kadar magnesium yang rendah adalah kelelahan. Magnesium diperlukan untuk metabolisme energi normal. Suplemen magnesium dapat ditemukan di dalam sereal gandum utuh, telur, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan bayam.

2. Zat Besi

Kekurangan zat besi sering menyebabkan seseorang mengalami kelelahan dan menjadi salah satu penyebab paling umum terutama pada wanita. Hanya menggunakan tes yang akan mengungkapkan bahwa seseorang mengalami kekurangan zat besi.

Suplemen zat besi dapat ditemukan secara bebas atau dapat mengonsumsi daging merah, ikan, telur, dan biji-bijian untuk meningkatkan asupan zat besi.

3. Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 dapat menimbulkan beberapa gejala salah satu yang utama adalah kelelahan secara ekstrem dan kekurangan energi. Menurut NHS, orang dewasa berusia antara 19 dan 64 tahun membutuhkan sekitar 1,5 mikrogram vitamin B12 per harinya. Vitamin B12 dapat ditemukan dalam daging, ikan salmon, susu, keju, telur, dan beberapa sereal. Saat ini juga banyak vitamin B12 yang berbentuk suplemen.

4. CoQ10

CoQ10 merupakan kependekan dari Coenzyme Q10, faktor penting dalam memproduksi energi dan antioksidan kuat yang ditemukan di semua sel tubuh. Hal tersebut dibuat secara alami oleh tubuh, tetapi akan berkurang kadarnya seiring bertambahnya usia yang dapat menyebabkan kelelahan.

Namun, apabila seseorang mengalami kelelahan yang luar biasa, tindakan terbaik adalah segera konsultasikan dengan dokter karena dimungkinkan ada kondisi mendasar yang menyebabkan kelelahan.

Baca juga: Apa Itu Sindrom Kelelahan Kronis? Simak juga 5 Kiat Mengatasinya