Apa Itu Sindrom Kelelahan Kronis? Simak juga 5 Kiat Mengatasinya

Ilustrasi wanita lelah bekerja. Freepik.com

kesehatan

Apa Itu Sindrom Kelelahan Kronis? Simak juga 5 Kiat Mengatasinya

Rabu, 10 Februari 2021 09:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah akhir-akhir ini kamu merasakan lelah sepanjang waktu, meski tidur nyenyak dan makan sehat? Kondisi kelelahan sering dikaitkan dengan nutrisi yang buruk, kurangnya aktivitas fisik, dan gaya hidup yang buruk, rasa lelah yang terus-menerus sebenarnya dapat merupakan sindrom kelelahan kronis.

Sindrom kelelahan kronis adalah kelainan yang rumit dan ditandai dengan kelelahan ekstrem yang dapat berlangsung selama enam bulan.

Jenis kelelahan ini memburuk dengan aktivitas fisik dan mental yang kian melemah meski sudah istirahat. Sindrom kelelahan kronis mungkin sulit diatasi, tetapi dapat diobati dengan meningkatkan fungsi tubuh dan membuat beberapa perubahan gaya hidup sederhana seperti berikut, dilansir dari laman Times of India, 9 Februari 2021.

1. Tidur

Beberapa orang yang menderita sindrom kelelahan kronis juga menderita kurang tidur dan bahkan insomnia. Wajar jika tubuh kamu tidak mendapatkan istirahat yang cukup, kamu akan merasa lelah terus-menerus. Maka dari itu, untuk mengatasi sindrom kelelahan kronis, pertama-tama yang harus dilakukan adalah mengatur jadwal tidur. Konsultasi dengan dokter jika diperlukan.

2. Vitamin D

Vitamin adalah salah satu nutrisi paling umum yang kekurangan orang dan juga salah satu nutrisi terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai fungsi. Vitamin D berperan utama dalam mengobati sindrom kelelahan kronis dan meningkatkan tingkat energi Anda.

Konsumsi lebih banyak vitamin D lewat makanan dan lebih sering berjemur di bawah  sinar matahari untuk mengatasi sindrom ini.

3. Perhatikan gizi makanan

Sumber energi utama bagi tubuh kita adalah makanan. Jika kamu menderita sindrom kelelahan kronis, sangat penting untuk memperhatikan pola makan.

Hindari makanan berlemak, digoreng, dan diproses. Cobalah untuk mengurangi asupan gula.

4. Olahraga

Meskipun olahraga diketahui menguras energi Anda, sebenarnya sebaliknya. Olahraga dapat membantu Anda membangun kekuatan dan energi seiring waktu.

Terapi olahraga bertingkat dapat membantu orang yang menderita sindrom kelelahan kronis. Tingkatkan intensitas dan gerakan latihan secara bertahap untuk membantu tubuh menyesuaikan dengan mudah.

Baca juga:

Pemicu Mudah Lelah dari Gaya Hidup dan Kesehatan Mental

TIMES OF INDIA