Perawatan Kulit Wajah Ini Bisa Anda Temukan di Dapur, Oatmeal dan Kayu Manis

Membersihkan wajah setiap hari bisa jadi cara menghilangkan jerawat. (Canva)

kecantikan

Perawatan Kulit Wajah Ini Bisa Anda Temukan di Dapur, Oatmeal dan Kayu Manis

Jumat, 30 Juli 2021 10:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Dapur biasanya menjadi tujuan utama Anda saat berburu camilan. Tapi juga mengandung semua yang Anda butuhkan untuk memperbaiki kondisi kulit Anda.

Manfaat penghematan biaya jelas. Bahan perawatan kulit wajah yang bisa Anda temukan di dapur jauh lebih murah daripada produk mahal yang mungkin Anda temukan di toko atau online store, dan Anda mungkin sudah memilikinya di lemari Anda.

Nah, inilah beberapa bahan pokok dapur yang paling umum dan memiliki manfaat menyehatkan dan mencerahkan kulit, seperti yang dilansir laman Healthline, 30 Juli 2021.

1. Oatmeal

Meskipun serbaguna di dapur, oatmeal juga memiliki banyak aplikasi untuk kulit yang sehat. Teksturnya yang kasar menjadikannya eksfoliator lembut yang membantu mengelupas sel-sel kulit mati.

Manfaat oatmeal juga telah membuktikan kualitas anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu meringankan kulit kering dan teriritasi dan melindungi dari kerusakan.

Louise Walsh, seorang perawat  spesialisasi dalam dermatologi dan kosmetik di Inggris, menegaskan bahwa oatmeal cukup lembut untuk digunakan pada jenis kulit sensitif. "Oatmeal memiliki efek menenangkan pada kulit merah yang sensitif," katanya.

Ketika dikombinasikan dengan pelembab, oatmeal juga dapat membantu mengobati kondisi kulit seperti psoriasis, jerawat, dan eksim. Namun, penelitian ilmiah terbatas.

Dalam satu studi 2013, pasien dari 6 bulan hingga dewasa dengan dermatitis atopik ringan-sedang melihat kondisinya membaik 48 persen dalam periode 12 minggu mengoleskan oatmeal secara topikal. Mereka juga melaporkan peningkatan 100 persen dalam hidrasi kulit.

Kulit di sisi yang kusam? Oatmeal juga bisa menjadi bahan yang kuat untuk mencerahkan kulit.

Dalam satu studi, peserta melihat peningkatan yang signifikan dalam kelembaban dan kecerahan kulit setelah 2 minggu menggunakan oatmeal koloid dua kali sehari.

Oat juga memiliki senyawa yang dikenal sebagai saponin, yang merupakan pembersih alami dan dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Oatmeal koloid (oat giling) sangat bagus untuk kulit merah, sensitif, gatal, meradang, dan kering. Ketika dicampur dengan air untuk membuat masker, ia melindungi dan memberi nutrisi pada penghalang kulit, mencegah hilangnya air dan hidrasi, itu akan melembabkan dan menenangkan kulit, ”kata Walsh.

Bagaimana cara menggunakannya?

Giling 2 hingga 3 sdm oatmeal dan tambahkan air sampai Anda mendapatkan konsistensi seperti pasta. Oleskan ke kulit, dan biarkan selama 10 menit sebelum dibilas.

2. Selai kacang

Jika Anda memiliki alergi kacang, jangan gunakan selai kacang pada kulit Anda. Jika Anda tidak yakin, bicarakan dengan dokter Anda dan selalu lakukan tes tempel terlebih dahulu.

Mungkin Anda suka memakannya dengan sendok, atau Anda melupakan peralatan makan sama sekali dan hanya mencelupkan jari Anda ke dalam toples, tetapi apakah Anda akan mengoleskannya ke wajah Anda?

Seperti semua selai kacang, selai kacang mengandung sejumlah besar minyak yang dapat membuat kulit Anda terasa bergizi.

Satu studi mengklaim bahwa minyak kacang, yang ditemukan dalam selai kacang dalam jumlah besar, mendukung penghalang kulit. Studi lain menemukan bahwa minyak kacang menawarkan perlindungan terhadap radiasi UV.

Jika itu tidak cukup, selai kacang juga dikemas dengan vitamin B dan E, yang bila digunakan bersama-sama dapat mengurangi banyak tanda penuaan kulit, termasuk hiperpigmentasi dan kemerahan.

“Selai kacang mengandung banyak minyak dan vitamin, yang dapat menutrisi kulit dan mudah ditemukan di dapur,” kata Walsh.

Jika Anda menggunakan selai kacang, Walsh merekomendasikan untuk selalu memilih versi organik. Merek supermarket sering diisi dengan garam dan gula, yang tidak begitu bagus untuk kulit.

Bagaimana cara menggunakannya?

Walsh menyarankan untuk mencampur 1 sdm. selai kacang, 1 sdm. madu, dan 1 butir telur dan pijat lembut ke kulit yang telah dibersihkan. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

3. Kayu manis

Walsh mengonfirmasi bahwa kayu manis dikenal karena sifat antibakterinya. Kualitas pemanasannya juga meningkatkan aliran darah, membantu mencapai penampilan yang kencang dan montok pada kulit. Studi telah mengkonfirmasi bahwa kayu manis juga anti-inflamasi.

“Peradangan menyebabkan kemerahan, iritasi, dan kondisi kulit yang berpotensi kronis seperti jerawat, jadi perawatan anti-inflamasi adalah suatu keharusan untuk banyak masalah kulit,” Walsh menegaskan.

Walsh menambahkan bahwa kayu manis bubuk bisa menjadi bahan perawatan kulit yang sangat ampuh jika dicampur dengan madu.

“Madu yang dicampur dengan kayu manis bubuk adalah masker wajah yang bagus untuk dibuat di rumah untuk kulit yang tersumbat dan berjerawat. Dicampur bersama-sama mereka membuat komponen pengelupasan, yang akan mendorong penyembuhan jerawat dan bintik-bintik, ”jelasnya.

Bagaimana cara menggunakannya?

Ikuti saran Walsh dengan mencampurkan kayu manis bubuk dengan madu dan menggunakannya sebagai scrub lembut. Biarkan di kulit selama 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Baca:Seluk-beluk Toner untuk Merawat Wajah, Awalnya untuk Remaja Kulit Berminyak