Kiat Ayu Dewi Cegah Anaknya Kecanduan Nonton YouTube di Ponsel, Ada Water Break

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(paling kanan) Ayu Dewi bersama keluarga saat merayakan ulang tahun keempat anak keduanya, Mohamad Aqlan Ukasyah, pada 7 Juli 2021. Foto: Instagram @mrsayudewi

(paling kanan) Ayu Dewi bersama keluarga saat merayakan ulang tahun keempat anak keduanya, Mohamad Aqlan Ukasyah, pada 7 Juli 2021. Foto: Instagram @mrsayudewi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sama seperti ibu lainnya, presenter Ayu Dewi punya segudang cara untuk mencegah buah hatinya kecanduan nonton YouTube di ponsel. Ia bagikan kiat itu saat menjawab pertanyaan warganet di Instagram Stories-nya, Selasa, 13 Juli 2021.

"Kalau menurut aku tetap harus diingetin terus, ya. Karena masih anak-anak belum bisa mendisiplinkan diri sendiri," ucap Regi Datau itu.

Jadi, kiat pertama yang ia terapkan adalah waktu tertentu untuk menonton YouTube sesuai usia anak-anaknya. Saat menonton, Ayu juga mewajibkan mereka memakai kacamata antiradiasi. "Trus dikasih kacamata, mau nonton televisi atau gadget, harus pakai kacamata," tukasnya.

Langkah ketiganya adalah menerapkan aturan water break, yaitu setiap setengah jam anak-anaknya wajib minum air putih. "Itu biar mereka ke-distract dan mereka harus ambil minum di mana pun (botol atau gelas) minuman mereka ditaruh," jelas presenter musik Dahsyat itu. Itu salah satu caranya agar anak-anak tetap tercukupi kebutuhan airnya atau terhidrasi.

Kemudian, ia memberikan puzzle, alat tulis, alat gambar, dan kertas origami agar tetap mengasah kreativitas anak-anaknya. Terakhir, setiap malam, Ayu Dewi meminta anak-anaknya mengembalikan setiap mainan ke tempat semula. Tak cuma mainan, kadang baju dan sepatu ia bersama Regi juga diambil sebagai mainan mereka bersama. Itu juga salah satu kiat Ayu agar anak-ananya tetap aktif bergerak.

"Itu sepatu daddy juga dikembalikan, ya. Jadi tuh dia kerjaannya ngambil barang dari kamar, dikeluarin, tapi gapapa daripada mereka fokus sama gadget," kata perempuan 36 tahun itu.

Ayu Dewi dan Regi Datau menikah pada 16 Juni 2012. Mereka telah dikarunia tiga anak, Aqilah Dewi Humairah (8 tahun), Mohamad Aqlan Ukasyah (4 tahun), dan Muhammad Aqil Ataya (1 tahun 10 bulan).

Baca juga: Punya 3 Anak, Begini Cara Ayu Dewi Mendamaikan Anaknya saat Bertengkar

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."