Punya 3 Anak, Begini Cara Ayu Dewi Mendamaikan Anaknya saat Bertengkar

(kedua dari kiri) Ayu Dewi bersama suami, Regi Datau, ketiga anaknya; Aqilah Dewi Humairah, Mohamad Aqlan Ukasyah, Muhammad Aqli Ataya, serta ayahnya, Budiono Sumarto. Foto: Instagram @mrsayudewi

keluarga

Punya 3 Anak, Begini Cara Ayu Dewi Mendamaikan Anaknya saat Bertengkar

Jumat, 9 Juli 2021 13:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang tua dengan anak lebih dari satu punya cara tersendiri saat mengatasi pertengkaran si kecil. Begitu pula dengan presenter Ayu Dewi yang memiliki tiga buah hati, Aqilah Dewi Humairah, Mohamad Aqlan Ukasyah, dan Muhammad Aqil Ataya. Istri Regi Datau itu mengedepankan komunikasi terbuka saat menyelesaikan pertengkaran buah hati. 

"Kalau lagi berantem, kita panggil dua-duanya, trus kita ajak ngomong," jelasnya di Instagram Stories, Kamis malam, 8 Juli 2021, saat menjawab pertanyaan warganet.

"Tadi siapa yang duluan, trus kita tanya kalau dia dah cerita. 'Boleh gak kayak gitu sama kakaknya, boleh gak kayak gitu sama adiknya'. Trus kita ajarin sama Aqlan, 'Aqlan kalau lagi marah dan kakak lagi gak mau main, jangan dipukul' Abis itu, mereka pelukan," tambah perempuan 36 tahun itu.

Soal pola asuh anak, Ayu dan Regi juga banyak belajar dari literatur hingga konsultasi dengan psikolog anak. "Jadi, aku pernah baca beberapa kali baca artikel dan nonton beberapa documentary. Di situ dibilang anak cowok harus sering dipeluk sama bapaknya, walaupun sama ibunya juga. Karena masing-masing punya waktu 15 menit untuk bonding sama anak," ucap presenter musik Dahsyat itu.

Selain berbagi soal pengasuhan anak, ia juga menjawab pertanyaan warganet soal pacaran beda agama. Ia mengaku orang tuanya selalu berpesan untuk memilih pasangan yang seiman. Awalnya, ia mengikuti hal itu karena nasihat orang tua, begitu berumah tangga ia baru memahami itu salah satu fondasi penting dalam pernikahan.

"Setelah ada di dunia pernikahan, sekarang aku baru paham banget kenapa itu fondasi dasar. Karena nyatuin dua kepala itu susah loh dengan pemikiran yang beda, background budaya yang beda," imbuhnya.

"Jadi, kalau kita ada pemikiran, masalah enteng berat, kita bisa sharing dengan ibadah bareng-bareng, doa bareng," lanjutnya.

Meski begitu, Ayu Dewi tak menampik ada sederet pernikahan beda agama yang langgeng dan harmonis. Jadi, ia mengembalikan kepada pilihan pasangan masing-masing.

Baca juga: Ayu Dewi Cerita Tantangan Menjadi Pengisi Suara di Film Raya and The Last Dragon