Agar Tidak Terjebak Hoaks, Ini Tips Titi Kamal Cari Informasi Kesehatan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Titi Kamal dalam acara Lifebuoy Dokter Keluarga pada 13 Juli 2021/Lifebuoy

Titi Kamal dalam acara Lifebuoy Dokter Keluarga pada 13 Juli 2021/Lifebuoy

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selebriti Titi Kamal mengatakan kerap mendapat kiriman berbagai informasi di media sosial. Misalnya, saat anak demam, ada saja arahan orang untuk memberikan berbagai macam 'obat' untuk si buah hati. Namun Titi Kamal tidak mau terjebak dalam informasi yang tidak akurat dalam menjaga kesehatan buah hatinya.

Aktris yang juga istri dari Christian Sugiono itu memilih untuk mencari informasi kesehatan langsung dari sumbernya lewat telekonsultasi dengan dokter di telemedisin ketimbang terjebak hoaks.

"Aku suka dapat informasi 'kalau nanti anak tiba-tiba demam harus begini begini begini', aku senang dengan adanya (telemedisin), jadi merasa aman bisa mendapatkan informasi yang benar jadi enggak asal percaya-percaya saja," kata Titi dalam konferensi pers daring Lifebuoy Dokter Keluarga, Selasa 13 Juli 2021.

Keluarga selebriti Christian Sugiono dan Titi Kamal. Instagram/@titidantian

Kemudahan yang ditawarkan telemedisin membuat orang tua seperti Titi Kamarl bisa berkonsultasi dengan dokter lebih mudah, terlebih di tengah pembatasan ruang gerak akibat pandemi. Konsultasi dengan telemedisin ini pun memberikan sangat membantu para orang tua ketika ada kejadian tidak disangka yang menimpa anak pada malam hari, seperti demam mendadak. "Telemedisin memudahkan orang tua untuk mendapat layanan lebih cepat," kata Titi Kamal yang senang ada dokter yang siaga selama 24 jam selama 7 hari itu.

Dia juga termasuk khawatir bila harus membawa anaknya ke rumah sakit bila ada keluhan kesehatan mengingat ada risiko harus bepergian ke luar rumah. Itulah mengapa dia berusaha mencari informasi mengenai kesehatan secara daring lewat sumber yang terpercaya tanpa harus pergi langsung ke rumah sakit.

Sepanjang pandemi, Titi Kamal mengatakan dirinya selalu berusaha menjaga kesehatan keluarga agar tetap kuat di tengah intaian virus corona. Menyediakan makanan penuh gizi seperti sayur dan buah yang tak pernah lepas dari menu harian, menjaga protokol kesehatan seperti mencuci tangan dengan sabun serta tidur teratur adalah beberapa kegiatan yang jadi rutinitasnya. Dia juga mengajari anak untuk rajin mencuci tangan dan tidur tak terlalu malam agar bisa mendapatkan porsi istirahat cukup. "Jam sembilan malam, atau maksimal jam 10 sudah tidur," katanya.

Setiap pagi, Titi juga kerap mengajak anak untuk berjemur di bawah sinar matahari dan berolahraga bersama agar tubuh tetap bugar. Di luar kesehatan fisik, kesehatan batin juga tidak ditinggalkan. "Jaga rohani bikin bahagia biar imun terjaga dengan baik," kata Titi Kamal yang selalu meluangkan waktu untuk anak-anaknya.

Baca: Christian Sugiono Ulang Tahun, Titi Kamal: OMG Ini Tahun ke-23 Rayain Ultah Dia

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."