Selain Menghangatkan, Susu Kunyit Perbaiki Mood dan 6 Hal Lain

Ilustrasi susu kunyit (Instagram @luke_coutinho)

kesehatan

Selain Menghangatkan, Susu Kunyit Perbaiki Mood dan 6 Hal Lain

Jumat, 24 Januari 2020 13:15 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Usai hujan biasanya hawa dingin menyergap. Bisa jadi Anda menghangatkan diri dengan konsumsi minuman kemasan. Hati-hati, minuman kemasan seringkali mengandung gula yang dapat membahayakan kesehatan, jika dikonsumsi berlebihan. Membuat minuman hangat sendiri bisa menjadi solusi bergizi di musim hujan. Salah satunya susu kunyit khas India atau dikenal dengan nama golden milk.

Manfaat susu kunyit pun beragam. Mulai dari mengurangi nyeri sendi hingga menurunkan risiko kanker. Kurkumin dalam kunyit menjadi salah satu zat aktif dalam susu kunyit. Begitu juga dengan zat dalam jahe, kayu manis, dan susu, yang menjadi bahan-bahan untuk membuat golden milk.

Ragam kandungan tersebut memperkaya manfaat susu kunyit untuk kesehatan Anda. Apa sajakah khasiatnya?

1. Mengurangi peradangan dan nyeri sendi

Kandungan dalam susu kunyit memiliki sifat antiinflamasi atau antiradang. Manfaat inilah yang berpotensi membantu dalam mengikis nyeri pada sendi, misalnya karena osteoarthritis dan radang sendi.

Rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan antiradang, seperti susu kunyit, juga menurunkan risiko Anda untuk terkena berbagai penyakit kronis. Contohnya, kanker, penyakit jantung, Alzheimer, dan sindrom metabolik.

2. Membantu dalam meningkatkan fungsi otak

Manfaat susu kunyit berikutnya berkaitan dengan otak. Pasalnya, minuman hangat ini dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi otak. Sebuah studi menemukan bahwa kurkumin dapat mendorong produksi brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF penting untuk kemampuan kognitif karena meningkatkan produksi sel otak.

Jahe juga menjadi bahan penyerta dalam susu kunyit. Kandungan jahe diyakini dapat membantu dalam memelihara daya ingat dan melindungi otak dari gangguan yang berhubungan dengan faktor usia. Meski begitu, studi lebih lanjut masih diperlukan untuk mengonfirmasi khasiat kandungan susu kunyit ini.

3. Memperbaiki mood

Studi tertentu mengungkapkan bahwa kurkumin mampu memperbaiki suasana hati (mood), bahkan mengurangi gejala depresi. Dengan manfaat susu kunyit yang satu ini, tak ada salahnya menyeruputnya saat merasa murung di musim hujan.

4. Memelihara kesehatan jantung

Bahan untuk membuat susu kunyit, seperti kunyit, jahe, dan kayu manis, telah dikaitkan dengan perlindungan jantung. Dalam sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Annals of Family Medicine, konsumsi 120 mg kayu manis per hari dapat menurunkan indikator penyakit jantung, yaitu kolesterol jahat dan trigliserida.

Sementara itu, kurkumin dilaporkan dapat meningkatkan fungsi endotelium, yaitu lapisan pembuluh darah. Fungsi endotelium yang optimal amat penting untuk menjaga agar jantung tetap sehat.

5. Menurunkan risiko kanker

Manfaat susu kunyit yang menakjubkan lainnya adalah memiliki potensi untuk menurunkan risiko kanker. Kurkumin kembali menjadi salah satu kunci dalam khasiat ini. Kurkumin dilaporkan mampu mencegah pertumbuhan pembuluh darah dalam sel tumor.

Dengan ini, pertumbuhan sel tumor pun dapat dibatasi. Walau begitu, penelitian lebih luas masih diperlukan untuk menguatkan kebaikan susu kunyit ini.