4 Makanan yang Lebih Sehat Dimakan Mentah, Ada Brokoli dan Kacang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi brokoli. Unsplash.com/Annie Spratt

Ilustrasi brokoli. Unsplash.com/Annie Spratt

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beragam cara mengolah makanan yang dinilai sehat, contohnya mengukus atau merebus. Tapi, ada beberapa makanan yang justru lebih sehat saat dimakan mentah.

Kandungan gizi dalam makanan tersebut dianggap bisa lebih terjaga tanpa proses memasak. Lantas, apa saja contoh makanan yang lebih baik dikonsumsi mentah? Berikut empat di antaranya seperti dikutip dari Pink Villa, Kamis, 24 Juni 2021.

1. Bawang bombay

Bawang bombay sangat enak jika dimakan mentah. Bawang bombay memiliki banyak manfaat kesehatan seperti meningkatkan kesehatan jantung dan hati. Disarankan mengonsumsi dalam kondisi mentah yang dicampur dalam salad ataupun makanan lainnya.

2. Brokoli

Brokoli adalah makanan super yang luar biasa berkat kandungan gizinya. Brokoli paling baik dikonsumsi mentah karena mengandung potasium dan mengandung senyawa kaya yang akan habis saat dimasak. Makanan ini juga membantu dalam pengurangan hormon tiroid.

Baca juga: Ikan Salmon hingga Bayam, 5 Makanan yang Bisa Meningkatkan IQ

3. Kelapa

Air kelapa atau bahkan kelapa sebagai makanan utuh dianggap bergizi karena kaya akan kandungan kalium, magnesium, dan natrium. Tingginya kandungan elektrolit di dalamnya bisa langsung memberi energi Anda. Oleh karena itu, mereka dianggap sebagai minuman olahraga bagi para atlet untuk memberi mereka energi instan.

4. Kacang-kacangan

Kacang panggang atau kacang asin mungkin menghilangkan semua nilai gizi dari kacang. Oleh karena itu, kacang paling baik dimakan mentah. Selain kaya vitamin dan sejumlah nutrisi, kacang juga bisa mengandung zat besi dan magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Itulah sederet makanan yang lebih sehat dimakan jika mentah. Sebelum menyantapnya, pastikan mencuci dengan bersih di bawah air mengalir. Untuk ibu hamil, disarankan menghindari konsumsi makanan mentah untuk mencegah efek samping yang mungkin terjadi.

PINK VILLA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."