4 Gejala Utama Terinfeksi Covid-19 pada Orang yang Sudah Disuntik Vaksin

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi virus corona atau Covid-19. REUTERS

Ilustrasi virus corona atau Covid-19. REUTERS

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi yang sudah divaksin tak lantas sepenuhnya bebas dari Covid-19. Risiko terpapar virus SARS-CoV-2 dan variannya tetap ada. Guna mengantisipasi kelalaian tersebut, platform edukasi Covid-19, Zoe Covid Symptom Study di Inggris meneliti berbasis survei untuk mengidentifikasi gejala-gejala Covid-19 yang mungkin muncul di kalangan penerima vaksin.

Hasilnya, survei menyebutkan sejumlah gejala utama yang dirasakan penerima vaksin jika mereka terpapar Covid-19.

1. Kepala pusing

2. Pilek (hidung berlendir)

3. Mudah bersin

4. Tenggorokan kering

5. Lain-lain

"Peringkat gejala tersebut diurutkan berdasarkan berapa banyak pengguna yang melaporkannya kepada aplikasi kami," tulis pihak Zoe dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Sabtu (26/6/2021).

Adapun terkait gejala urutan kelima, yakni gejala lain lazimnya meliputi hilangnya indera penciuman, sesak napas, serta demam dan batuk dalam intensitas tinggi. Walau demikian, mengacu survei, gejala-gejala terakhir ini relatif jarang dialami oleh penderita Covid-19 yang sebelumnya telah menerima vaksin.

Dalam keterangannya, platform tersebut menggarisbawahi bahwa studi itu masih bersifat umum dan belum diklasifikasikan berdasarkan varian virus. Untuk itu, tidak menutup kemungkinan gejala akibat paparan varian virus Delta yang baru-baru ini menjadi pusat perhatian bakal berbeda ketimbang paparan virus varian-varian sebelumnya.

"Intinya, jika Anda sering bersin-bersin atau mengalami gejala-gejala di atas tanpa alasan yang jelas, sebaiknya Anda melakukan tes Covid-19. Terutama jika Anda berada di lingkungan yang memiliki risiko tinggi terhadap paparan virus," imbaunya.

Baca juga: Tanda Covid-19 Menyerang Sistem Pencernaan, Biasanya Diikuti Mual dan Muntah

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."