Berkat Nasywa, Desy Ratnasari Mengaku Lebih Banyak Belajar Agama

Desy Ratnasari di Kolombia (Instagram/@desyratnasariterdepan)

profil

Berkat Nasywa, Desy Ratnasari Mengaku Lebih Banyak Belajar Agama

Kamis, 3 Juni 2021 23:57 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris dan penyanyi Desy Ratnasari mengaku belajar lebih banyak tentang agama melalui putrinya, Nasywa Nathania Hamzah atau Nasywa. Desy mengaku putrinya lebih banyak memberi contoh amalan-amalan dalam keseharian, bahkan kerap mengingatkannya.

"Anak gue (puasa) daud, masa gue udah tua, enggak. Jadi malah menurut teteh (saya), justru kehadiran Nasywa yang mengajarkan agama lebih banyak buat teteh. Perubahan-perubahan menuju ke arah yang lebih baik itu, jadi contohnya adalah Nasywa, bukan kebalikannya," ujar Dessy di kanal YouTube The Sungkars Family, Kamis, 3 Juni 2021.

"Jadi, alhamdulillah Allah mudahkan kami berdua untuk bisa sama-sama beriringan (mendalami agama Islam)," tambah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi Partai Amanat Nasional periode 2019-2024 itu.

Lalu, perempuan 47 tahun itu mengisahkan Nasywa memilih sendiri sekolah menengah atas di pesantren dan tinggal di asramanya. Berdasarkan pilihannya itu, Nasywa begitu mendalami dan menjalankan ilmu-ilmu agama Islam selama belajar di sana. Desy menyebutkan putrinya rutin menjalani ibadah puasa Senin Kamis dan tak perlu diingatkan soal menunaikan salat lima waktu. Hal itu membuatnya sangat bersyukur dan terharu sebagai seorang ibu.

Desy Ratnasari bersama putri semata wayangnya, Nasywa Nathania Hamzah. Foto: Instagram/@desyratnasariterdepan

Desy mengungkapkan pula bahwa Nasywa kerap mengingatkannya soal pemakaian jilbab di rumah, sekalipun hanya untuk mengambil paket dari petugas keamanan di rumah. "Misalnya ada security rumah nganterin barang, teteh (saya) keluar 'hai pak, makasih ya, pak' misalkan saya enggak pakai kerudung. Nasywa mah udah gak boleh. 'Bunda, mo ke mana? Pakai kerudung, bun. Kan itu orang lain, bukan muhrim',"Desy menjelaskan.

Tak hanya itu, sekalipun saudara laki-laki yang bertamu ke rumah, Nasywa juga tetap memakai jilbab atau mukena. "Jadi, menurut teteh, banyak banget ilmu-ilmu agama dalam keseharian, dia menjadi model saya untuk memperbaiki diri," ucap mantan pacar Irwan Mussry ini.

Baca juga: Soal Hubungan Asmara Putrinya, Desy Ratnasari Mengaku Demokratis tapi Tegas

Desy mengaku beruntung dan bahagia memiliki anak seperti Nasywa. Ia menyebutnya sebagai salah satu kebahagiaan terbesar dalam hidupnya, selain memenuhi keinginan orang tuanya.

"Allah memberikan teteh (saya) anak yang mengajarkan agama sama teteh. Itu barokah yang tiada tara. Pesantren gak disuruh, puasa gak disuruh, pake hijab gak disuruh, malah dia mengingatkan teteh," tukas perempuan yang tengah menjalani studi S3 ini.

Menurut Desy, harta paling berharga yang diberikan Allah kepada dirinya sebagai ibu adalah kehadiran Nasywa.

"Karena kamu selalu mengingatkan bunda untuk berbuat kebaikan, kamu selalu mengingatkan bunda untuk berbagi, kamu selalu mengingatkan bunda untuk selalu taat beribadah kepada Allah dan meningkatkan ketatatan ibadah amaliyah, bunda, di dunia ini. Doa saya selalu begini, 'nak ayo kita sama-sama memperbaiki diri di dunia, semoga Allah mudahkan kita bertemu lagi di akhirat, di surganya Allah'," pungkasnya.

Desy Ratnasari diketahui sudah menikah sebanyak dua kali. Ia menikah dengan Trenady Pramudya pada 1999. Rumah tangga mereka hanya bertahan selama setahun. Kemudian Desy menikah dengan pengusaha batu bara, Sammy Hamzah, pada 2001. Dari pernikahan itu, mereka dikaruniai Nasywa. Pernikahan tersebut kandas dua tahun kemudian.