Orang Tua Beda Agama, Jessica Mila: Aku Belajar Lebih Sabar dan Tenang dari Papa

Jessica Mila Agnesia adalah model dan aktris Indonesia. Ia memulai debut di dunia seni peran melalui sinetron berjudul Cinta SMU pada tahun 2002. Foto/Instagram/jscmila

ragam

Orang Tua Beda Agama, Jessica Mila: Aku Belajar Lebih Sabar dan Tenang dari Papa

Rabu, 17 Maret 2021 14:45 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Jessica Mila mengaku belajar lebih banyak toleransi dibesarkan oleh kedua orang tua yang berbeda agama. Ayahnya, Bambang Sutarjo, beragama Islam, ibundanya, Magdalane Jane Baker, beragama Kristen.

"Lebih toleransi sih pastinya. Mungkin kalau misalkan kalau aku enggak tumbuh di dua agama yang berbeda, mungkin aku juga akhirnya gak punya perspektif yang cukup luas dalam masalah agama," tutur Jessica Mila dalam vlog "Ikuti Pesan Mama, Jessica Mila Cari Pasangan yang Seiman!?" yang diunggah di YouTube Daniel Mananta Network, 15 Desember 2020.

Menurut Jessica, banyak hal yang bisa ia pelajari dari agama ayah maupun ibundanya. Salah satu contohnya, ia belajar lebih sabar dan berserah kepada Tuhan dari mendiang ayahnya yang wafat pada 2014.

"Yang bisa aku pelajari dari papaku banyak banget. Papaku orang yang penuh kasih banget orangnya, sabar banget orangnya. Dan, aku belajar untuk lebih sabar, lebih tenang, lebih berserah sama Tuhan juga banyak belajar dari papa," ungkap peraih Pemeran Utama Wanita Terpuji Film Bioskop berkat perannya di film Imperfect versi Festival Film Bandung 2020.

Jessica juga melihat kedua orang tuanya saling melengkapi satu sama lain dalam mengasuh anak-anaknya meski berbeda ajaran agamanya. Hal itu pula yang mempengaruhi pribadi Jessica yang tak menilai orang lain dari agamanya.

"Menilai orang lain gak cuma berdasarkan agama, oh dia agama ini pasti kayak gini,  agama ini pasti kayak gini. Menurut aku, setiap orang beda-beda banget. Bisa aja dia berbeda keyakinan, tapi dia malah mengajarkan banyak hal ke kita," ungkap aktris berusia 28 tahun itu.

Meski belajar banyak hal dari orang tua beda agama, Jessica Mila mengaku mencari pasangan yang seiman dengannya, yaitu kristen. Hal itu sesuai pula dengan pesan ibundanya yang berkaca dari pengalaman pribadinya. Kedua orang tua Jessica hampir bercerai di masa awal pernikahan mereka. 

"Tapi karena dia (ibunda Jessica) tahu agama Kristen itu bahwa Tuhan membenci perceraian, dia enggak mau bercerai," imbuhnya.

Menurut Jessica, ayahnya sempat mengajak ibunya untuk pindah agama ke Islam setelah beberapa tahun pernikahan, namun ibunya menolak. Walhasil, keduanya sempat tidak berkomunikasi meski tinggal satu rumah.

"Akhirnya mereka jadi diem-dieman, mereka tetap satu rumah. Tapi mereka enggak komunikasi. Pada saat itu, menurut mamaku, itu berat banget, tapi akhirnya dia bisa lewatin. Dan dia gak pengen aku mengalami hal yang sama nantinya," tuturnya.

Dari situasi itu, ibunda Jessica Mila mengungkapkan bahwa manusia bisa berubah termasuk soal keputusannya untuk saling menghargai perbedaan agama bisa berubah seiring waktu ataupun pertambahan usia mereka. 

"Mamaku bilang manusia bisa berubah, mungkin sekarang dia terima-terima aja. Tapi enggak tau ke depannya, kalo dia pengennya kamu ikut dia (agama), dan akhirnya jadi gak bisa saling menghargai satu sama lain," pungkas Jessica Mila.

Baca juga:

Trik Jessica Mila Tambah Berat Badan 10 Kilogram untuk Imperfect