Cerita Annisa Pohan Kunjungi Palestina pada 1996: Ketatnya Penjagaan Wilayah

Annisa Pohan unggah foto jadul saat mengunjungi Palestina pada tahun 1996. Instagram/@annisayudhoyono

ragam

Cerita Annisa Pohan Kunjungi Palestina pada 1996: Ketatnya Penjagaan Wilayah

Selasa, 18 Mei 2021 08:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Figur publik Annisa Pohan menceritakan kenangan mengunjungi Palestina pada tahun 1996. Melalui unggahan Instagram-nya, Annisa menggungah foto jadul ia dengan beberapa anak-anak Palestina berfoto di halaman Masjid Al-Aqsa.

Di foto itu, Annisa juga ditemani kakaknya dan mendiang ustad Ruslan. Istri Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY ini tampak memakai busana muslim dan jilbab warna hitam. Sementara kakaknya memakai baju lengan panjang motif garis-garis, mendiang ustad Ruslan berpakaian serba putih mulai dari gamis panjang hingga sorban.

Menurut Annisa, salah satu kesan yang tak terlupakan saat mengunjungi Palestina saat itu adalah ketatnya pemeriksaan di sana.

"Pada saat itu saya terheran-heran dengan ketatnya pemeriksaan di imigrasi, tentara Israel yang ikut memeriksa kita ketika memasuki Yerusalem," tulis Annisa di keterangan Instagram, Selasa, 18 Mei 2021.

Baca juga: Annisa Pohan Pamer Foto 10 Tahun Lalu, Aliya Rajasa: Serasa Mimpi

Ia menambahkan bahwa melihat banyak tanda peringatan ranjau di lapangan dan para tentara bersenjata di tengah kota Palestina. "Saat itu dunia (bahkan Amerika) belum seketat itu pada penjagaan wilayahnya, tapi di sana sudah melakukannya dari lama yang menandakan keadaan yang penuh ancaman," ungkap ibu satu putri ini.

Diketahui Israel kembali menyerang Palestina sejak awal Mei 2021. Lokasi yang diserang di antaranya kompleks Masjid Al-Aqsa dan jalur Gaza. Serangan ini terus meningkat dari sejak beberapa waktu lalu.

Menyikapi kondisi itu, sejumlah selebriti mengungkapkan pendapatnya dan berbagi pengalamannya saat berada di Palestina. Selain Annisa Pohan yang bernostalgia, supermodel Bella Hadid vokal menyuarakan dukungannya kepada tanah kelahiran ayahnya, Mohammed Hadid. 

Adik Gigi Hadid ini turun ke jalan dalam aksi mendukung Palestina di Bay Ridge, New York, pada Sabtu, 15 Mei 2021. Ia tampak mengenakan keffiyeh, penutup kepala tradisional para pria Arab, masker, serta membawa bendera Palestina. Ia bergabung dengan ribuan orang lainnya menunjukkan tanda perdamaian dan melambai saat kerumunan meneriakkan seruan "Free Plastine".

Bella mengunggah beberapa foto dan video aksinya berjalan kaki dan menumpang mobil pickup di Instagram. Sebelumnya, Bella mengunggah dua foto lawas keluarganya. Di slide pertama, ia mengunggah foto lawas pernikahan kakek dan neneknya di Nazareth, Palestina pada 1941.

Di foto kedua, Bella menunjukkan foto masa kecil ayahnya dan tujuh saudara lainnya yang merupakan paman dan bibinya. Pada tahun 1948, keluarga sang ayah dikeluarkan dari rumahnya di Palestina dan menjadi pengungsi di Suriah, Lebanon, hingga Tunisia. 

“Saya mencintai keluarga saya, saya cinta leluhur saya, saya cinta Palestina. Saya akan berdiri teguh untuk menjaga harapan mereka untuk tanah yang lebih baik di hati saya. Dunia yang lebih baik untuk orang-orang kita dan orang-orang di sekitar mereka. Mereka tidak pernah bisa menghapus sejarah kita. Sejarah adalah sejarah!” tulisnya di Instagram, Ahad, 16 Mei 2021. 

Kembali ke unggahan Annisa Pohan pada Selasa pagi ini, sejumlah netizen mendukung kemerdekaan Palestina melalui tagar #SavePalestine di kolom komentar. Tagar tersebut sempat menjadi trending topic di Twitter awal pekan lalu. Banyak pula dari netizen yang menguntai doa untuk keselamatan saudara-saudara di Palestina dan serangan Israel segera berakhir.

Baca juga: Unggah Foto 4 Bulanan Kehamilan, Annisa Pohan: Momen yang Ditunggu-tunggu