Anak Sungkem saat Lebaran, Yuni Shara: Semoga Kita Bisa Sungkeman Gini Terus

Yuni Shara dan kedua anaknya, Cavin Obrient Siahaan dan Cello Obrient Siahaan (Instagram/@yunishara36)

keluarga

Anak Sungkem saat Lebaran, Yuni Shara: Semoga Kita Bisa Sungkeman Gini Terus

Minggu, 16 Mei 2021 11:59 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Yuni Shara membagikan momen merayakan Idul Fitri 1442 Hijriyah pada Kamis, 13 Mei 2021 di kediamannya. Ia menunjukkan makanan lebaran khasnya usai melaksanakan salat Id di rumah. Menurut Yuni, hidangan lebarannya seperti menu keluarga lainnya saat berlebaran mulai dari ketupat, sayur, opor ayam, hingga sambal goreng hati. 

Yang spesial di meja makan Yuni Shara saat lebaran adalah telur petis khas kampung halamannya. "Trus kalau Jawa Timur ada ciri khasnya telur petis. Itu aja," ujarnya di kanal YouTube Yuni Shara Channel, Sabtu, 15 Mei 2021.

Usai menunjukkan aneka makanan lebaran di rumahnya, Yuni Shara tampak berbincang dengan kedua putranya, Cavin Obrient Siahaan dan Cello Obient Siahaan, di ruang makan. Kemudian ibu dan anak itu tampak terharu di prosesi sungkeman. Mereka melakukannya di ruangan bernuansa merah mulai dari cat dinding hingga sofa.

Sungkeman biasanya dilakukan dengan orang tua dan orang yang lebih tua dalam posisi duduk, sementara yang muda bersimpuh meminta maaf di pangkuan mereka, lalu dicium dan mendapatkan nasihat serta doa baik. Sungkeman juga kerap dilakukan saat meminta restu orang tua saat prosesi pernikahan adat Jawa.

Cavin saat sungkem ke Yuni Shara di Idul Fitri 1442 H pada Kamis, 13 Mei 2021. Foto: tangkapan layar YouTube Yuni Shara Channel

"Ini mau ke-19 tahun anak-anak sungkeman sama bunda," ucapnya kepada Cavin yang tengah bersiap-siap sungkeman. Saat menerima permohonan maaf putra sulungnya, Yuni tampak mengucapkan doa dan membelai lembut punggung putranya. Kemudian ia mencium kedua pipi dan dahi Cavin sebanyak dua kali dan diakhiri dengan mengucapkan selamat Idul Fitri. Anaknya pun membalas hangat dengan mengecup hangat kening ibundanya.

"Ini 16 tahun," kata Yuni Shara sambil menyambut Cello yang bersimpuh di hadapannya. Sama seperti saat Cavin sungkem, Yuni juga mengucap doa untuk putra bungsunya. "Sukses selalu, sehat selalu," ucapnya dengan suara lirih. "Semoga kita bisa sungkeman gini terus dari tahun ke tahun ya, nak," tambahnya.

Cello saat sungkem ke Yuni Shara di Idul Fitri 1442 H pada Kamis, 13 Mei 2021. Foto: tangkapan layar YouTube Yuni Shara Channel

Cello mengiyakan dengan nada suara terharu. Yuni juga mencium kedua pipi dan dahi Cello sebanyak dua kali sama seperti dengan Cavin.

Kemudian Yuni dan kedua jagoannya berlebaran di rumah Krisdayanti. Kediaman istri Raul Lemos itu menjadi pusat silaturahmi keluarga karena mama mereka, Rachma Widadiningsih, sedang tinggal di sana. Anak dan cucu tampak terharu saat sungkeman kepada Rachma yang kondisinya tidak sebugar dulu lagi akibat stroke.

Baca juga: Yuni Shara Cerita Buka Pertama Pertama, Wajib Bareng Mama