Aliya Rajasa Kenang Sungkeman ke Ani Yudhoyono saat Lebaran

Aliya Rajasa. Instagram.com/@ruby_26

keluarga

Aliya Rajasa Kenang Sungkeman ke Ani Yudhoyono saat Lebaran

Rabu, 27 Mei 2020 20:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aliya Rajasa berbagi dua memori berlebaran dengan mendiang ibu mertua, Ani Yudhoyono. Lewat unggahan Instagram, ia mengenang momen salat Idul Fitri pada 2018, setahun sebelum Ani meninggal pada 1 Juni 2019 akibat kanker darah. 

"Sholat Eid Terakhir di 2018," tulisnya di keterangan foto Instagram pada Selasa, 26 Mei 2020. Di foto itu, Aliya, Ani Yudhoyono, Annisa Pohan dan putrinya, Aira, serasi mengenakan mukena warna ungu berhiaskan renda. Mereka berempat juga kompak melihat kamera sembari tersenyum. 

Hari ini, Rabu, 27 Mei 2020, istri Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas ini membagikan memori sungkeman kepada mendiang ibu mertua yang meninggal pada 1 Juni 2019 akibat kanker darah. Salah satu tradisi Jawa yang dilestarikan keluarga Susilo Bambang Yudhoyono saat hari raya adalah sungkeman.

Sungkeman biasanya dilakukan dengan orang tua dan orang yang lebih tua dalam posisi duduk, sementara yang muda bersimpuh meminta maaf di pangkuan mereka, lalu dicium dan mendapatkan nasihat serta doa baik.

Sungkeman juga kerap dilakukan saat meminta restu orang tua saat prosesi pernikahan adat Jawa.

Kembali ke unggahan foto Aliya, ia terlihat serasi dengan istri Susilo Bambang Yudhoyono itu mengenakan kebaya brokat hijau berkilau dan kain motif batik warna coklat. Dilengkapi pula dengan sanggul rapi. 

Aliya mengunggah dua foto suasana sungkeman, diawali foto Ani Yudhoyono akan mengecup keningnya, kemudian foto Ani berucap nasihat kepadanya. Di unggahan itu, ibu tiga anak itu menuliskan, "sungkeman dan wejangan yang kini tersimpan jadi kenangan."

Sebelum mengunggah kenangan berlebaran dengan Ani Yudhoyono, Aliya membagikan beberapa kebersamaan dengan keluarga Rajasa dan Yudhoyono saat merayakan Idul Fitri 1441 H. Mereka bersuka cita di hari yang fitri di rumah saja akibat pandemi Covid-19.