Resep Golden Latte, Minuman Hangat Pereda Gangguan Kecemasan

Ilustrasi kunyit. Unsplash.com/Chinch Le Duc

kuliner

Resep Golden Latte, Minuman Hangat Pereda Gangguan Kecemasan

Senin, 3 Mei 2021 06:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta -  Saat Anda dilanda gangguan kecemasan atau stres, minumlah secangkir minuman hangat. Salah satu resep yang bisa membantu adalah golden latte atau susu kunyit. Ini adalah minuman berbahan dasar susu yang dibumbui dengan rempah-rempah, terutama kunyit yang bisa memberikan rona emas khas.

Golden latte memiliki manfaat peningkat suasana hati yang didukung sains. Kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, merupakan antioksidan kuat. Bahan ini memiliki efek antiinflamasi yang bisa meredakan banyak kasus depresi. Para peneliti, dikutip dari Mind Body Green, bahkan lebih jauh menyebut kurkumin sebagai "pendekatan antidepresan alami yang berguna dan ampuh," karena kemampuannya untuk meningkatkan kadar serotonin dan dopamin di otak.

Berikut adalah resep golden latte yang bisa Anda coba di rumah. 

Resep Golden Latte 

Bahan

  • 1 cangkir susu almond (atau susu oat untuk krim)
  • 1 sendok teh bubuk kunyit
  • ½ sendok teh madu mentah
  • ¼ sendok teh pala parut
  • 1 sejumput lada hitam

Cara membuat

  • Panaskan semua bahan, kecuali pala, di dalam panci berukuran sedang dengan api sedang.
  • Biarkan panas selama sekitar 5 menit.
  • Tuang ke dalam mug favorit Anda.
  • Taburi dengan pala, dan minuman siap dinikmati

Jika Anda tahu kapan harus mengenali tanda-tanda bahwa Anda stres atau terlalu cemas, Anda mungkin bisa mengambil beberapa tindakan. Sakit kepala, tidak bisa tidur, atau makan berlebihan bisa jadi merupakan tanda bahwa sudah waktunya untuk istirahat atau meminta bantuan.

Baca juga: Worry Journal, Cara Efektif Meredakan Gangguan Kecemasan

Ketahui pula pemicu Anda. Jika Anda bisa belajar mengenali apa yang membuat Anda merasa cemas, Anda mungkin bisa mengambil tindakan. Mungkin Anda telah mengambil terlalu banyak tugas? Bisakah Anda meminta seseorang untuk membantu? Apakah kopi atau alkohol memperburuk keadaan? Pertimbangkan untuk menebang.

Selain itu, gaya hidup yang sibuk dapat mengakibatkan terlalu banyak makanan cepat saji atau terlalu sedikit olahraga yang pada akhirnya memicu gangguan kecemasan atau stres. Cobalah meluangkan waktu untuk duduk untuk menikmati makanan dan minuman sehat seperti Golden Latte. 

Baca juga: 10 Makanan Sehat yang Bisa Kamu Santap untuk Meredakan Rasa Cemas dan Stres

MIND BODY GREEN