10 Makanan Sehat yang Bisa Kamu Santap untuk Meredakan Rasa Cemas dan Stres

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Kinanti Munggareni

google-image
Konsumsi makanan sehat bisa membantumu mengurangi kadar kecemasan dan tingkat stres. Foto: Canva

Konsumsi makanan sehat bisa membantumu mengurangi kadar kecemasan dan tingkat stres. Foto: Canva

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMakanan sehat adalah yang kita perlukan untuk menjaga imunitas tubuh. Bukan hanya demi kebugaran fisik, sejumlah makanan sehat dan bergizi juga mampu menghindarkan kita dari rasa cemas dan mengurangi tingkat stres. 

Selain pandemi Covid-19 yang kini jadi faktor utama penyebab stres, meningkatnya hormon kortisol pada tubuh juga bisa jadi pemicu. Nah, untuk mengurangi kadar kortisol yang bisa menimbulkan rasa gelisah, kita bisa menyantap makanan yang tepat. 

Berikut deretan makanan yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan stres dan kecemasan yang tengah kamu alami.

1. Ubi

Bahan dasar yang banyak digunakan dalam berbagai resep kue dan camilan nusantara ini bisa jadi pilihan. Mengonsumsi ubi yang mengandung karbohidrat dapat membantu menurunkan kadar hormon kortisol. Ubi juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti vitamin C dan potasium yang baik untuk tubuh.

2. Brokoli

Sayuran cruciferous seperti brokoli mengandung banyak nutrisi untuk tubuh. Meski memiliki rasa pahit, brokoli baik untuk dimakan saat kamu sedang dilanda stres. Sayur hijau keriting ini kaya akan sulforaphane, yakni senyawa sulfur yang bersifat sebagai pelindung saraf dan menawarkan efek menenangkan atau antidepresan.   

3. Telur

Telur memiliki multivitamin yang dibutuhkan untuk tubuh. Kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan dapat kita temukan dalam satu butir telur utuh. Bahan makanan yang biasa disajikan untuk sarapan ini juga kaya akan zat gizi kolin yang bisa melindungi kita dari stres. Sebenarnya, zat ini sudah diproduksi oleh organ hati. Tapi tubuh memerlukan lebih banyak kolin dari yang telah diproduksi organ secara natural. 

4. Buah asam

Studi menyebutkan kadar vitamin C yang tinggi bisa membantu kita untuk meredakan stres. Dikutip dari Pakistan Journal of Biological Sciences, tingkat stres pada peserta yang diuji bisa berkurang setelah mengonsumsi 500 mg vitamin C per hari. Laporan ini juga menunjukkan adanya kemungkinan fungsi pencegahan kecemasan dalam vitamin C. Buah asam yang bisa kamu pilih antara lain, jeruk dan stroberi.

5. Kimchi

Kamu yang menyukai drama Korea, yuk, latihan mengolah kimchi. Penganan yang terbuat dari fermentasi sawi putih ini banyak mengandung bakteri baik dan tinggi akan vitamin, mineral, dan antioksidan, loh. Studi membuktikan kimchi juga mampu mengurangi stres dan rasa cemas. Penelitian, yang dirilis Psychiatry Res, terhadap 710 orang usia dewasa muda menunjukkan mereka yang makan makanan fermentasi lebih sedikit mengalami gejala kecemasan sosial. 

6. Hati ayam atau sapi

Beruntung kita yang tinggal di Indonesia karena punya banyak varian resep olahan dari kedua bahan ini. Bukan hanya lezat, organ tubuh hewan ini mengandung banyak sekali vitamin B, khususnya B12, B6, riboflavin, dan folat. Semua zat nutrisi ini sangat penting untuk mengontrol stres. 

7. Bawang putih

Kandungan antioksidan glutathione dalam bawang putih berada di garis depan untuk menghalau stres. Zat ini juga mampu menetralisasi radikal bebas dalam tubuh. Kamu bisa mencampurkan lebih banyak bawang putih pada masakan sekarang. Selain itu, kamu juga bisa mencoba black garlic atau bawang hitam. Makanan sehat hasil fermentasi bawang putih ini punya khasiat mengontrol gula darah serta menjaga kesehatan jantung.

8. Salmon

Bukan rahasia lagi kalau salmon baik untuk kesehatan tubuh. Daging salmon memiliki omega-3 tinggi dan vitamin D yang penting untuk kesehatan. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan resiko kecemasan dan depresi. Selain salmon, ikan berlemak lain yang bisa kamu santap untuk mengurangi stress adalah mackerel, herring, dan sardines.

9. Probiotik

Ada banyak minuman probiotik yang dijual di pasaran. Tapi sebenarnya yoghurt juga mengandung probiotik. Kamu bisa memilih jenis yang paling kamu suka saat dilanda kekalutan. Mood positif akan muncul setelah kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik. 

10. Alpukat

Sama seperti salmon, alpukat juga mengandung lemak baik dan omega-3 yang berkhasiat untuk tubuh. Tak hanya itu, alpukat juga memiliki fitokimia, kaya akan serat, dan mengandung beragam nutrisi penting. Kamu bisa menikmati alpukat dengan roti panggang ala barat ataupun dalam sajian jus. Rasanya tanpa membaca jurnal pun, kita semua setuju, menikmati segelas jus alpukat dingin dengan susu bisa membuat rileks. 

Nah, itulah 10 makanan sehat yang bisa mengurangi kadar kecemasan dan level stres. Pilih beberapa untuk sajian makan siang agar kamu bisa menjalani hari dengan lebih menyenangkan. 

Baca juga: Manfaat Minum Air Lemon Setiap Hari untuk Pencernaan, Berat Badan, dan Kulit

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."