Susah Tidur? Ini 4 Kunci Agar Anda Mudah Terlelap

Orang dewasa butuh tidur 7-8 jam sehari untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh. (Canva)

kesehatan

Susah Tidur? Ini 4 Kunci Agar Anda Mudah Terlelap

Senin, 26 April 2021 23:28 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Susah tidur adalah salah satu kondisi yang banyak dialami masyarakat urban. Dengan pendekatan yang tepat, Anda dapat tertidur dengan andal dalam hitungan menit. Salah satu kunci agar bisa tertidur lelap adalah relaksasi. Dikutip dari Sleep Foundation, penelitian menunjukkan bahwa respons relaksasi adalah proses fisiologis yang secara positif memengaruhi pikiran dan tubuh.

Dengan mengurangi stres dan kecemasan, respons relaksasi dapat memungkinkan Anda untuk tertidur dengan damai. Panduan langkah demi langkah kami menawarkan metode relaksasi yang terbukti dapat membantu mengatasi insomnia dan masalah tidur lainnya.

Para ahli menekankan bahwa perlu waktu untuk menguasai teknik-teknik ini, tetapi praktiknya membuahkan hasil. Lebih baik lagi, metode ini dapat disesuaikan, sehingga Anda dapat menyesuaikannya dari waktu ke waktu agar berhasil untuk Anda.

Selama ribuan tahun, relaksasi telah menjadi fokus utama dari praktik spiritual dan budaya, memungkinkan rasa tenang dan koneksi dengan diri sendiri dan dunia sekitarnya. Namun, hanya dalam beberapa dekade terakhir, praktik meditasi untuk relaksasi menjadi fokus penelitian ilmiah, yang telah mengidentifikasi empat elemen kunci untuk mendorong respons relaksasi.

Berikut adalah jalan untuk menempuh relaksasi sebagai cara mengatasi susah tidur yang bisa Anda coba. 

1. Lingkungan yang tenang

Diam tidak harus berarti diam sama sekali. Suara atau musik yang menenangkan bisa bermanfaat. Suara atau suara yang keras dan abrasif harus dihindari.

2. Fokus perhatian

Sebuah kata, frasa, mantra, pola pernapasan, atau gambaran mental semuanya dapat digunakan untuk menarik perhatian Anda dan mengurangi pemikiran tentang masalah eksternal.

3. Sikap pasif

Menerima bahwa itu normal bagi pikiran Anda untuk mengembara memungkinkan Anda untuk tetap tenang dan menarik kembali fokus Anda ke objek perhatian Anda.

4. Posisi yang nyaman

Menemukan tempat yang nyaman untuk bersantai sangatlah penting. Wajar jika saat bersantai hingga tertidur, posisi yang disarankan adalah berbaring di tempat tidur.

Semua metode berikut ini adalah cara untuk mencapai elemen inti ini sehingga Anda dapat relaksasi dan mengatasi susah tidur. Mengingat dasar-dasar ini akan memberdayakan Anda untuk menyesuaikan metode ini agar sesuai dengan preferensi Anda.

Baca juga: 9 Latihan Pernapasan Bagi Penderita Gangguan Tidur

SLEEP FOUNDATION