Pijat Titik Refleksi Kaki Bukan Sekadar Relaksasi

Pijatan pada titik refleksi kaki bisa meningkatkan kualitas hidup dengan berbagai cara.

kesehatan

Pijat Titik Refleksi Kaki Bukan Sekadar Relaksasi

Senin, 29 Maret 2021 14:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Pijat refleksi adalah praktik terapeutik yang menerapkan tekanan ke berbagai titik di kaki, tangan, wajah, dan telinga. Dari semua praktik ini, yang paling populer adalah pijat titik refleksi kaki.

Titik refleks kaki, dikutip dari Mind Body Green, berhubungan dengan area tubuh lainnya. Melakukan stimulasi pada titik-titik ini dengan pijat refleksi mampu mengirimkan sinyal ke organ dan kelenjar bagian dalam.

"Pijat refleksi umumnya dikenal sebagai praktik holistik yang dilakukan pada kaki," kata Brian Goodwin, ahli kecantikan dan herbal, dikutip dari Healthline. "Konsepnya adalah ada titik meridian di kaki yang berhubungan dengan berbagai organ di tubuh."

Masih dikutip dari Healthline, menurut Dr. Dustin Martinez, seorang dokter kiropraktik yang berbasis di Los Angeles, penelitian menunjukkan bahwa pijat refleksi dapat meningkatkan kualitas hidup dengan berbagai cara.

“Pijat refleksi adalah pengobatan kuno - sudah ada selamanya,” katanya. "Itu dapat ditelusuri sejauh tahun 2330 SM."

Ahli pijat refleksi biasanya mengandalkan peta yang menjabarkan titik-titik refleks dan organ serta kelenjar yang sesuai di dalam tubuh.

Meskipun pijat dan refleksi kaki sama-sama terkenal dengan manfaat relaksasi, keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

“Pijat refleksi kaki adalah pijatan terapeutik dengan tekanan berkelanjutan, bukan pijatan lebar, seperti pijatan klasik,” jelas Martinez. "Detail halus dan tekanan diterapkan ke titik refleks tertentu dan ditahan sampai dilepaskan."

Pijat mungkin lebih bermanfaat untuk relaksasi dan nyeri otot secara keseluruhan, sedangkan pijat refleksi mungkin dapat menargetkan masalah khusus dengan titik fokus pada kaki.

Beberapa masalah yang bisa diatasi oleh pijatan titik refleksi kaki adalah stres, masalah pencernaan, kelelahan pada mata, dan gangguan tidur.

Baca juga: Coronasomnia, Gangguan Tidur Pandemi yang Berakar pada Insomnia dan Hipersomnia

“Relaksasi mungkin merupakan manfaat terbesar [refleksiologi kaki],” kata Martinez. “Pijat refleksi membantu dengan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, yang membantu mengurangi stres dan kecemasan serta menurunkan tekanan darah. Saat Anda merasa stres dan kecemasan berkurang, Anda mudah merasa rileks. ”

Dikutip dari Mind Body Green, ada beberapa poin terpenting pada peta refleksi kaki. Berikut di antaranya:

1. Punggung di bawah jari-jari kaki di bagian atas bola kaki, yang sesuai dengan bahu atau garis leher.2. Bola kaki, yang terkait dengan organ di dalam dada.3. Lengkungan kaki, yang mencerminkan organ pencernaan,4. Tumit dan pergelangan kaki yang berisi refleks untuk sistem reproduksi.

Perlu penelitian lanjut terkait pijat refleksi kaki. Namun, studi pendahuluan menunjukkan bahwa pijat refleksi dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan meningkatkan sirkulasi yang sehat.

Untuk bisa mendapatkan manfaat, datangilah praktisi pijat bersertifikat karena mereka sudah mempelajari dengan baik titik refleksi kaki. Komunikasikan pula kepada praktisi yang menangani Anda terkait tingkat tekanan yang tepat dan nyaman.

Baca juga: Ketahui Prosedur dan Manfaat Pijat untuk Ibu Hamil

HEALTHLINE | MIND BODY GREEN | WELL AND GOOD