Cerita Shandy Aulia DBF Hampir 15 Bulan: Claire Maunya Nempel Aja

Shandy Aulia merayakan ulang tahun pertama putrinya, Claire Herbowo. Instagram.com/@shandyaulia

ragam

Cerita Shandy Aulia DBF Hampir 15 Bulan: Claire Maunya Nempel Aja

Minggu, 25 April 2021 16:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Shandy Aulia mengisahkan tak terasa sudah hampir 15 bulan menyusui putrinya, Claire Herbowo. Menurut Shandy, hingga saat ini, Claire hanya mau menyusui langsung dari payudaranya atau direct breastfeeding (DBF). Ia sudah mencoba memperkenalkan botol susu, tapi putrinya tidak mau. 

Shandy juga mengungkapkan sudah mencoba memberikan beberapa brand susu sufor ke Claire, tapi juga tidak direspons. Walhasil, ia memaknai masa-masa DBF ini menjadi momen putrinya tak mau berjauhan darinya.

"Hasilnya anak ini gak bisa liat mommy nya santai dikit langsung maunya nempel aja," tuturnya dalam Instagram Stories, Ahad, 25 April 2021.

Saat Shandy pergi bekerja ke luar kota, ia kerap menyiasatinya dengan menerima pekerjaan yang tidak menginap. Selama ia bekerja, Claire akan menyantap makanan pendukung air susu ibu atau MPASI lebih banyak dari biasanya disertai camilan. Saat ini, Claire makan makanan utama sebanyak 3 kali dan camilan 2 kali.

Begitu kembali ke rumah, ia akan menyusui Claire. Jika pekerjaan mengharuskannya menginap, Shandy memilih membawa Claire agar tetap bisa menyusui. Shandy mengaku akan tetap menyusui Claire dengan cara DBF hingga putrinya berusia dua tahun.

Ia lalu menjawab sejumlah pertanyaan dari warganet terkait pengalaman memberi Air Susu Ibu atau ASI-nya. Shandy mengisahkan ia mengalami payudara bengkak, nyeri, puting lecet dan perih seperti ibu menyusui pertama kalinya. Di masa itu, ia terus menyemangati dirinya agar tidak menyerah memberikan ASI.

Istri David Herbowo itu juga menjelaskan produksi ASI salah satunya ditentukan dari makanan sehat dan bergizi. "Untuk tips dari saya kurangi makanan yang manis-manis yang berlebih dan gorengan. Perbanyak protein, sayur, dan buah," ungkap bintang film Eiffel I'm In Love itu. Ia juga sarankan memasak makanan yang direbus daripada digoreng.

Selain makanan bergizi, Shandy mengingatkan pentingnya ibu yang bahagia dan tenang untuk kelancaran produksi ASI. "Ketika ibu bahagia dan tenang, ASI juga akan lebih berproduksi. Jangan stres atau tertekan," kata aktris 33 tahun itu.

Untuk cegah stres atau tertekan, ia menganjurkan ibu menyusui untuk pijat atau konsultasi ke dokter.

Sama seperti ibu lainnya yang memberi ASI, Shandy Aulia tak menutupi ada rasa sedih saat momen menyusui akan berakhir. "Tapi beberapa bulan lagi Claire 2 tahun , ASI segera berakhir justru mommy yang mellow," ungkapnya.

Shandy Aulia dan David Herbowo dikaruniai Claire setelah 7,5 tahun pernikahan mereka. Keduanya resmi menjadi orang tua pada 12 Februari 2020.

Baca juga: Alasan Shandy Aulia Lebih Memilih ART-nya Beberes Rumah daripada Memasak