Adiva Ramadhani, Pengisi Soundtrack Film yang Gemar Menulis Lagu Sejak SD

Adiva Ramadhani, penyanyi. Foto: Adiva Ramadhani

profil

Adiva Ramadhani, Pengisi Soundtrack Film yang Gemar Menulis Lagu Sejak SD

Sabtu, 3 April 2021 17:48 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaAdiva Ramadhani serius terjun ke dunia musik Indonesia sejak menjadi pengisi soundtrack film "Habibie & Ainun 3" (2019). Ia menulis sekaligus melantunkan lagu "Denganmu". Menurut Diva, sapaan akrabnya, proses pembuatan lagu tersebut cukup menantang baginya. Sebab itu pengalaman pertama ia menulis lagu soundtrack film. 

"(Lagu) Denganmu lumayan cepet waktunya, lebih pressure juga karena pertama kali aku belum ngerti pertama recording di studio. Ada proses reading juga. Lebih ke pressure dan nervous," ungkap Adiva Ramadhani dalam Cerita Cantika episode 27 "Adiva Merintis Jalan Diva" di Instagram Live Cantika, Jumat, 19 Maret 2021.

Selama proses pembuatan lagu itu, ia juga banyak berdiskusi dengan produser musik dan tim dari film tersebut untuk menghasilkan lagu yang enak didengar dan sesuai dengan jalan cerita film. 

Baru-baru ini, ia mendapat kesempatan mengisi original soundtrack drama seri Kisah untuk Geri bertajuk "Tak Lagi Sendiri" (2021). Proses pembuatan lagu itu juga menambah pengalamannya di dunia musik. Diva mengaku banyak belajar komunikasi dan beradaptasi dengan proses rekaman di masa pandemi.

"Pas bikin lagu ini kayak agak susah ketemu produsernya. Banyak yang kirim-kirimanan aja, aku latihan sendiri dulu. Kalau udah yakin, kita ketemu satu waktu. Ketemuan 1-2 kali dan itu cepet banget," ujar mahasiswi Teknologi Pangan di Universita Prasetya Mulya itu.

Sebelum merintis karier di industri musik Tanah Air, Adiva kecil sudah menunjukkan kecintaannya pada dunia tarik suara. Ia sudah mengikuti les vokal sejak usia lima tahun.

"Ikut les vokal dari usia 5 tahun, lihat kakak-kakakku, mereka sudah duluan les, dan aku juga pengen kayak kakak. Ternyata, aku suka," tuturnya.

Di sekolah, Diva juga mengikuti kegiatan paduan suara, drama musikal, dan ekstrakurikuler musik di sekolah. Tak hanya menunjukkan minat bernyanyi, ia juga mulai menulis lagu saat usia Sekolah Dasar (SD). Kebanyakan lagu yang ditulisnya berasal dari curahan hati atau keseharian yang ada di diary atau jurnal pribadinya.

"Aku nulis lagu lebih ke sesuatu yang aku kenal aja. Aku nyimpen diary, suka gambar. Ada satu buku penuh catatan aku. Aku ngambil inspirasi dari situ, aku baca lagi, 'oh ini perasaan aku saat itu', aku cari nada dan liriknya. Suka juga dari curhat temannya, keren juga kalo dijadiin lagu," ungkap penyanyi yang ingin berkolaborasi dengan Melly Goeslaw itu.

Menurut Diva, di masa awal-awal menulis lagu, ia terinspirasi dari hal-hal atau pengalaman yang dialami sendiri. "Tulis saja terus apa pun itu. Mungkin mulai ke hal-hal yang kamu kenal, experience kamu. Makin banyak kamu mencoba menulis, kamu makin memahami. Nanti ada satu poin 'gue enjoy nulisnya', lanjutnya.

Adiva Ramadhani, penyanyi. Foto: MD Music Indonesia

Ia mengaku tidak ada kondisi khusus untuk menulis lagu. Ia hanya perlu berkonsentrasi dan menulis ide-ide kreatif yang keluar dari pikirannya. Salah satu contohnya, ia merangkai kata-kata untuk lirik lagu "Tak Lagi Sendiri" di dalam kamarnya.

"Setiap nulis lagu, beda-beda caranya. Lagu Tak lagi sendiri, waktu itu aku bikinnya di kamar aja, matiin semua lampu, ada laptop nyalain minus one, trus nulis apa pun yang keluar dari otak aku," ungkapnya.

Tak hanya puas dengan latihan vokal dan belajar menulis lagu, Diva juga melatih kemerduan suaranya dengan meng-cover lagu dari beberapa penyanyi ternama seperti Alicia Keys, Ed Sheeran, Demi Lovato, dan Tori Kelly. Di usia 14 tahun, ia pertama kali mengunggah videonya covering lagu di kanal YouTube-nya.

"Di umur segitu kerjaan aku nonton Youtube. Saat itu, banyak banget yang suka cover lagu. Trus aku kayaknya 'seru juga nih'. Iseng aja, gimana kalau aku record," tuturnya.

Adiva Ramadhani mengungkapkan bahwa kedua orang tuanya mendukung penuh kariernya di dunia musik, asalkan kegiatan itu membuatnya bahagia dan ia bisa menjalankannya dengan baik. Meski serius berkarier di dunia musik, Adiva tetap menomorsatukan pendidikan.

"Education first, (musik) di luar jam sekolah, bikin lagu malem, urusan musiknya weekend. Pasti aku mengedepankan edukasi aku dulu," pungkas Adiva Ramadhani.

Baca juga:

Lirik Lagu F Yo Love Song, Single Terbaru Agnez Mo