5 Aplikasi Edit Foto Terbaik dengan Fitur Menarik

Ada banyak aplikasi edit foto yang menawarkan banyak fitur menarik. (Pexels/Lisa Fotios)

ragam

5 Aplikasi Edit Foto Terbaik dengan Fitur Menarik

Rabu, 31 Maret 2021 13:16 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Pengeditan foto tingkat lanjut pernah terbatas pada komputer desktop saja. Namun sekarang, berkat peningkatan kinerja yang mengesankan, Anda tidak hanya dapat mengambil foto berkualitas tinggi di ponsel. Ada banyak aplikasi edit foto yang bisa membantu Anda mengedit langsung di perangkat yang sama.

Kini, Anda tidak perlu menjadi fotografer terlatih dengan peralatan mahal untuk meningkatkan keterampilan mengedit foto Anda; yang Anda butuhkan hanyalah smartphone atau perangkat dengan kamera yang layak dan beberapa aplikasi edit foto.

Adobe Lightroom

Tersedia di Android dan iOS, Adobe Lightroom CC adalah pengelola dan editor foto berfitur lengkap, lengkap dengan dukungan foto RAW, preset, penyesuaian eksposur, watermarking, dan banyak lagi. Aplikasi ini gratis untuk mengunduh dan mengedit foto, tetapi jika Anda ingin kemampuan untuk menyinkronkan foto Anda di seluruh perangkat dan menggunakan fitur premium, Anda harus membeli paket Adobe's Photography Creative Cloud, yang harganya $ 10 per bulan. 

Aplikasi edit foto ini juga memiliki kamera internal yang dapat melakukan lebih dari aplikasi kamera asli Anda dengan opsi seperti eksposur panjang, foto RAW, dan alat yang lebih canggih.

Photoshop Express

Berbicara tentang alat fotografi tingkat profesional, mungkin tidak ada alat yang lebih identik dengan pengeditan foto selain Adobe Photoshop. Adobe merilis versi Express beberapa waktu lalu, yang, meskipun tidak sekuat versi desktopnya, masih memungkinkan Anda memangkas foto, menyesuaikan eksposur, dan melakukan berbagai tugas. Anda bahkan dapat membuat preset Anda sendiri, yang dapat menghemat waktu saat mengedit foto di ponsel atau tablet Anda. Photoshop Express juga memiliki fungsi healing (seperti yang akan Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat dalam potret), opsi blur, pengurangan kabut, dan template kolase.

Snapseed

Snapseed adalah aplikasi pengeditan foto tingkat profesional yang dirancang oleh Google. Aplikasi ini menampilkan sejumlah besar opsi pengeditan untuk membantu bahkan foto yang paling biasa menjadi hidup. Ini memberi Anda kendali atas gambar dengan menyertakan sejumlah penggeser yang mampu mengubah vinyet foto, keburaman, suhu, dan atribut lainnya. Anda juga dapat menambahkan efek seperti bintik, tampilan film bergaya tahun 1960-an, atau filter Retrolux yang unik. Anda bahkan dapat menumpuk efek, mirip dengan lapisan Photoshop, membuatnya mudah untuk menghasilkan hasil yang benar-benar baru setiap kali Anda mengedit foto.

Opsi yang lebih canggih, seperti pangkas perspektif, healing brush, kurva, dan penyesuaian lokal juga disertakan, menjadikannya opsi yang solid bagi pengguna yang tidak ingin mengunduh banyak aplikasi untuk mengedit foto. Di luar pembaruan untuk kompatibilitas perangkat, Snapseed tidak terlalu sering melihat pembaruan besar. Namun, untuk aplikasi gratis, Snapseed memiliki banyak alat dan fitur.

VSCO

VSCO adalah aplikasi pengeditan foto yang dirancang dengan ide untuk membuat foto ponsel Anda terlihat lebih seperti film. Selain satu set filter yang disertakan, VSCO juga memungkinkan Anda membeli paket preset, yang masing-masing memiliki estetika sendiri untuk jenis gambar tertentu. Di luar filter, aplikasi ini memiliki pilihan slider pengeditan yang bagus, mulai dari eksposur hingga warna kulit.

VSCO juga menampilkan komunitas built-in yang mencakup seniman dan fotografer profesional dan amatir yang berbagi karya mereka di lingkungan yang fokusnya lebih sempit daripada orang-orang seperti Instagram. Dengan alat kelas profesional dan kontrol kamera canggih, VSCO adalah aplikasi hebat untuk pemula dan profesional. Fotografer seluler dapat mengunduhnya secara gratis, tetapi ada juga langganan keanggotaan VSCO dengan alat dan filter paling banyak yang tersedia juga.

PicsArt

Jika Anda lebih suka mencampur ulang foto daripada membuat sentuhan dan filter sederhana, PicsArt mungkin lebih sesuai dengan gaya Anda. Pikirkan PicsArt sebagai perpaduan antara Photoshop dan Paint. Anda dapat mengedit foto Anda, menggunakan berbagai macam alat kuas untuk ditambahkan ke gambar Anda, menambahkan beberapa kilau, mendekorasi dengan teks, menyesuaikan warna, atau membuat campuran ulang apa pun yang dapat Anda impikan.

Dengan PicsArt, Anda juga dapat memotong objek dari satu foto dan melapisinya di atas foto lainnya. Hal terbaik tentang aplikasi edit foto PicsArt adalah aplikasi seluler ini cukup profesional untuk memberikan gambar berkualitas yang Anda cari. 

Baca juga: 5 Cara untuk Membuat CV Lebih Persuasif dan Menarik

DIGITAL TRENDS | BUSINESS NEWS DAILY