Beda Manfaat Toner Air Mawar dan Toner Tea Tree untuk Merawat Kulit Wajah

Ilustrasi membersihkan wajah dengan toner. Shutterstock.com

kecantikan

Beda Manfaat Toner Air Mawar dan Toner Tea Tree untuk Merawat Kulit Wajah

Senin, 29 Maret 2021 09:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Toner salah satu produk perawatan kulit wajah yang sebaiknya tak dilewatkan dalam rutinitas kecantikan. Sebab toner bisa membantu menjaga pori-pori tetap bersih, menjaga pH kulit wajah, dan mengatur produksi sebum atau minyak alami di wajah. Air mawar dan tea tree merupakan bahan yang paling populer dalam toner karena khasiatnya merawat kulit wajah.

Lebih baik manakah di antara keduanya? Pilihlah yang manfaatnya sesuai jenis dan masalah kulit wajah Anda. 

Air mawar sudah dikenal mampu meningkatkan tekstur dan warna kulit untuk menjaga kilau alami. Dengan sifat anti-inflamasi, air mawar membantu mengurangi kemerahan pada kulit yang teriritasi, menghilangkan dermatitis, dan eksim. Mengoleskan air mawar membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi penumpukan sel kulit mati.

Terlepas dari jenis kulitnya, air mawar menutrisi dan melembapkan kulit serta menghidrasi. Penggunaan air mawar dalam rutinitas kecantikan juga dapat membantu mencegah penuaan dini seperti garis halus dan kerutan.

Sementara itu, minyak tea tree yang berasal dari tanaman asli Australia bisa mengatasi masalah kulit karena sifat anti-inflamasi, antiseptik, dan antimikroba. Bagi yang rentan berjerawat, toner tea tree bisa mengurangi peradangan, kemerahan pada jerawat, dan memerangi sifat berminyak.

Toner tea tree dapat digunakan untuk mengobati eksim secara alami, mengurangi psoriasis, dan meredakan iritasi. Manfaat lainnya, membantu mengencangkan pori-pori, menghilangkan sisa riasan dan kotoran, dan membuat kulit wajah segar. Karena minyak tea tree bersifat matte, mengoleskannya tepat sebelum riasan dapat membantu mengontrol kilau ekstra dan mencegah noda.

Kedua toner menawarkan keuntungan bagi kulit, tetapi alangkah baiknya memilih yang paling sesuai dengan masalah dan jenis kulit Anda untuk menjaga kesehatan kulit.

Baca juga:

Bingung Memilih? Ini Perbedaan Hydrating Toner dan Exfoliating Toner

PINK VILLA